FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Catat Girls, Kenali Penyebabnya Jika Siklus Haid Tak Teratur

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Haid atau menstruasi atau sering juga disebut dengan istilah datang bulan adalah proses alamiah yang dialami oleh wanita dewasa.

Keluarnya darah dari kemaluan adalah proses pembuangan dari meluruhnya dinding rahim guna untuk membersihkan rahim dari pembuluh darah, kelenjar, dan juga sel-sel yang keluar dalam bentuk darah karena tidak adanya pembuahan.

Biasanyam, siklus haid normal terjadi setiap rentang 28 hari, namun ada juga wanita yang memiliki rentang waktu lebih pendek yakni antara 21 sampai dengan 25 hari, kendati demikian siklus ini masih tergolong normal.

BACA JUGA:
Kenali Tanda-tandanya Jika Seorang Naksir Kamu
Pacar Kamu 'Nafsuan'? Ini Saran Dari Psikolog
Hai Girls! Ini Cara Merawat Rambut Tipis

Namun pada kenyataannya sejumlah wanita ada juga yang mengalami siklus haid yang lebih lama bahkan hingga lebih 35 hari atau bahkan kurang dari 21 hari, nah jika hal ini terjadi anda harus tehu penyebabnya ya girls!.

Berikut ini artikel yang dikutip dari Popbela.com tentang hal-hal yang bisa jadi penyeban siklus haid tidak teratur:

1. Mengalami Stress

Beban pikiran yang berat ternyata ikut memengaruhi siklus menstruasi. Ketika kamu sedang dalam keadaan stres atau depresi, hypothalamus, yakni bagian otak yang mengatur hormon siklus haid ikut terpengaruh. Sehingga, saat stres, hormon pengatur jadi tidak seimbang dan haid pun jadi tidak teratur.

2. Perubahan berat badan

Naik atau turunnya berat badan secara drastis juga jadi penyebab siklus haid yang tidak teratur. Biasanya, siklus yang tidak teratur terjadi pada orang yang mengalami gangguan pola makan.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Nama Ayus, Nisa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Sempat 0 Penambahan, Kasus Covid-19 di Subang Melesat Lagi https://t.co/wNXmHWJCVE
Nama Ayus, Nissa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter