FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Gaya Hidup Mahasiswa saat Pandemi, Dulu Makan Kini Kuota Internet

Indeks Artikel

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Bukan hanya para karyawan kantoran yang harus kerja dari rumah, pandemi Corona juga membuat para mahasiswa di berbagai perguruan tinggi untuk belajar di rumah. Lantas apakah hal ini juga ikut berdampak pada uang saku dan pengeluaran bulanan mereka?

Hasil Survei Gaya Hidup Mahasiswa Indonesia yang dilakukan Lifepal.co.id pada triwulan IV 2020 menunjukkan bahwa, terjadi penurunan jumlah uang saku dari para responden dalam survei ini. Selain itu, terdapat pula perubahan dalam penggunaan uang saku.

BACA JUGA: Seberapa Betah Mahasiswa Indonesia Belajar dari Rumah? Survey Membuktikan!

Berikut hasil survei seputar penggunaan uang saku para responden.

Dari sini sumber uang saku para mahasiswa

Survei menunjukkan bahwa 69,9% responden mengaku, uang saku yang mereka terima per bulan berasal dari pemberian orang tua. Sementara itu 9,5% lainnya berasal dari orangtua dan kerja paruh waktu, diikuti dengan pemberian orangtua dan sumber lain di angka 5,9%.

Hanya ada 1 responden dalam survei ini yang sumber uang sakunya berasal dari penghasilan kerja penuh waktu dan paruh waktu saja.  

Berdasarkan kebiasaan dalam penggunaannya, 57,5% dari mahasiswa mengaku bahwa uang saku yang diterima per bulan cukup atau selalu habis terpakai tak bersisa. Sementara itu hanya 33,5% lainnya yang berhasil memiliki surplus uang saku dalam sebulan.

Sebanyak 9% responden lain mengaku bahwa uang saku yang diterima tidak cukup, atau defisit.

Ketika uang saku yang dimiliki berlebih setelah penggunaan dalam sebulan, 65,2% dari seluruh responden memilih untuk menyimpan uang tersebut di tabungan. Hanya 22,4% dari total responden yang akhirnya memilih untuk berinvestasi dengan membeli logam mulia, surat berharga, dan instrumen lainnya.

Sedangkan sisanya, akan menghabiskan sisa uang saku untuk kegiatan konsumtif, 7,5% untuk belanja dan 5% lainnya untuk traveling.

Uang saku mahasiswa berkurang di masa pandemi?

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bupati Subang: Bulan Ini Ada Rotasi Mutasi Jabatan! https://t.co/yLfbeN4BKG
Semua Korban Longsor di Sumedang Akhirnya Ditemukan https://t.co/jQfvS4s4Q6
Gubernur Jabar Klaim Tingkat Keterisian Tempat Tidur Isolasi Menurun https://t.co/5sk3YqTrBX
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter