FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kenali Pengaruh Negatif Balapan Liar Bagi Remaja

Balapan liar adalah kegiatan beradu cepat kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, yang dilakukan diatas lintasan umum atau jalan raya. Artinya kegiatan ini sama sekali tidak digelar dilintasan balap resmi, melainkan di jalan raya. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada tengah malam sampai menjelang pagi saat suasana jalan raya sudah mulai lenggang. Selain untuk bersenang-senang, mencari uang, dan mencari gengsi diantara geng motor yang lain.

Balapan liar biasanya diadakan karena beberapa anak atau peserta balapan liar memiliki ego atau gengsi yang tinggi daripada keselamatan dirinya, sekarang ini banyak dijumpai anak muda pelajar SMP dan SMA melakukan kegiatan balapan liar sepeda motor, penuh tantangan dan sportifitas menjadikan balap liar menjadi hoby mereka.

BACA JUGA:
Cara Mengatasi Stress Pada Remaja
Kenapa Remaja Kita Merasa Tabu Bahas Sex Dengan Ortu?
Hai Remaja, Kenali Bahaya Narkoba Berikut Ini
Ini Pola Pikir dan Gaya Hidup Remaja Jaman Now

Balapan liar banyak diikuti anak-anak usia remaja yang belum bisa memikirkan akibat yang di dapat dari balapan liar. Balapan liar sering dilakukan di tempat atau jalan yang kira nya sepi dan bagus untuk digunakan sebagai arena balapan liar, mereka melakukannya biasanya sore hari atau tengah malam dimalam minggu, pada jam jam ini mereka berkumpul dan memulai atraksinya disepanjang jalan yang mereka anggap aman. Balapan liar biasanya juga sering terjaring patroli polisi sehingga para peserta balapan pindah lokasi yang belum diketahui oleh polisi.

Rasa bangga menjadi atlit berprestasi di bidang balap motor menjadi kekayaan yang tiada ternilai. Peranan orang tua sangat diperlukan agar anaknya tidak mengikuti balapan liar adalah dengan mengarahkan si anak agar bisa lebih menghormati dan menghargai dirinya sendiri.

Berikut adalah dampak dari balap liar. Oleh karena itu banyak dampak yang di dapat dari balapan liar, dampak-dampak tersebut adalah sebagai berikut:

Pengaruh Negatif :
1. Berdampak mengganggu kelancaran jalan raya
2. Mengganggu Ketentraman masyarakat sekitar akibat suara kenalpot
3. Merugikan orang tua dan Membuat orang tua khawatir
4. Dapat memicu terjadinya tawuran antar geng motor
5. Sering terjadinya pelanggaran norma
6. Memicu terjadinya taruhan dan perjudian
7. Menyumbang angka kecelakaan lalu lintas
8. Membuang-buang waktu dan masa depan
9. Dampak terberat adalah kehilangan nyawa

Disini Peranan orang tua sangat diperlukan agar anaknya tidak mengikuti balapan liar yaitu dengan mengarahkan si anak agar bisa lebih menghormati dan menghargai dirinya sendiri, jika memang si anak memiliki bakat dalam adu balap maka orang tua bisa memberi arahan dan mengikutsertakan pada kegiatan lomba balapan yang resmi dengan mengikuti klub balap sepeda motor dekat tempat tinggal.

Sumber: mahesa.id | Foto: Mansoor/Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bukan Cuma Hobi, Ikan Koi Bikin Hidup Tenang dan Damai https://t.co/CFa0ognMpN
Perkuat Ekonomi Desa, Pemprov Jabar Kembangkan Desa Digital https://t.co/I8RchrZe1b
PPP Tularkan Gerakan Kebaikan Bagi Generasi Muda Majalengka https://t.co/IGQ2zL0NvW
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter