FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Tips Ber-MakeUp Bagi Kamu yang Memiliki Kulit Kering

Permasalahan kulit yang dialami setiap perempuan berbeda-beda. Ada yang masih bertarung melawan jerawat, kulit kusam, kulit sensitif hingga kulit kering dan pecah-pecah.

Khusus pemilik kulit kering dan pecah-pecah, tampaknya agak sulit bila ingin mengenakan makeup. Bila dilakukan dengan cara yang salah, makeup akan terlihat menggumpal, patchy atau terlihat retak, hingga tidak menempel sempurna pada wajah.

BACA JUGA:
Dandanan Nyentrik ala Mahasiswa Majalengka Bikin Pusat Perhatian
Kenali Dampak Buruk Pemakaian Kosmetik untuk Kulit
Sudah Jadi Ayah?, Ikuti 5 Cara Merawat Bayi Berikut Ini

Ladies, pernah mengalaminya? Bila iya, jangan khawatir. Anda bisa menerapkan beberapa tips ini agar memulaskan makeup pada kulit kering dan pecah-pecah menjadi lebih mudah. Simak ulasannya:

1. Persiapkan kulit sebersih mungkin

Sebelum memulai merias wajah, pastikan wajah Anda siap untuk dirias dan dalam keadaan sebersih mungkin. Melansir Glamour, ada baiknya gunakan micellar water terlebih dahulu sebelum memulaskan skin care dan makeup pada wajah. Micellar water berfungsi untuk membersihkan wajah namun tidak membuat kulit kering.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan exfoliating pad, semacam kapas yang berisi cairan eksfoliator ringan untuk melembapkan wajah yang mengandung glycolic acid. Exfoliating pad berguna untuk menghilangkan sisa-sisa kulit mati pada wajah tanpa membuat kulit iritasi. Pulaskan pada area hidung, dagu, alis, dan area lainnya pada wajah yang terasa kering.

2. Selalu gunakan facial mist sebelum dan sesudah makeup

Facial mist memberikan kelembapan ekstra pada wajah tanpa terasa berlebihan. Maka dari itu, facial mist menjadi teman sejati pemilik kulit kering karena bisa disemprotkan kapan pun kulit terasa kering, baik sebelum dan sesudah makeup. Anda bisa memilih facial mist dengan kandungan hyaluronic acid yang berfungsi untuk memberikan hidrasi maksimal pada wajah.

3. Gunakan pelembap bertekstur tebal untuk hidrasi maksimal

Menggunakan pelembap bertekstur tebal dan creamy menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan sebelum makeup. Dituturkan oleh makeup artist ternama asal Amerika Serikat, Katie Jane Hughes, penggunaan moisturizer sebaiknya dilakukan dari bagian luar wajah (rahang, pipi, bagian samping dahi) menuju bagian dalam wajah (pipi, dagu dan hidung). Cara ini dianggap lebih aman dilakukan untuk pemiliki kulit kering.

4. Jangan lewatkan penggunaan eye cream

Terkadang, pemilik kulit kering juga merasakan area mata terasa kering, gelap dan kendur. Untuk itu, jangan lupa gunakan eye cream sebelum menggunakan makeup, terutama saat akan memulaskan concealer. Katie mengatakan, rajin menggunakan eye cream dapat memberikan efek mata lebih cerah sekaligus concealer akan lebih membaur sempurna.

5. Pilih foundation yang dewy

Bila Anda memiliki kulit kering, pilihlah foundation yang memiliki hasil akhir dewy atau tidak terlalu matte. Sebab, foundation bertekstur dewy lebih mudah dibaurkan pada pemilik kulit berminyak karena memiliki kelembapan yang sesuai. Sebaliknya, bila kulit kering dipulaskan foundation matte, hasilnya kulit akan terasa lebih kering dan justru semakin pecah-pecah.

BACA JUGA: 
Bahaya Memasang Foto Wajah Wanita di Sosial Media Meski Pakai Jilbab
Kiat Merawat Rambut yang Tertutup Jilbab
Jilbab Cantik ini Bikin Mamah Muda di Majalengka Semakin Cantik

6. Aplikasikan makeup berjenis krim

Produk makeup yang padat seperti bedak compact atau blush on, dapat membuat kulit semakin terlihat patchy (retak-retak) bila dipulaskan pada pemilik kulit kering. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya aplikasikan makeup berjenis krim seperti creamy blush on, stick contour, liquid highlighter. Tekstur yang creamy, membuat makeup terlihat lebih natural dan tahan lama.

7. Bersihkan makeup dengan cleansing oil

Setelah menggunakan makeup seharian, satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah membersihkan makeup sebersih mungkin agar tidak menempel di wajah. Bila perlu, bersihkan wajah dengan teknik double cleansing menggunakan cleansing oil atau pembersih makeup dengan kandungan minyak.

Biasanya, cleansing oil memiliki kandungan yang ramah di kulit, sekali pun untuk kulit kering hingga sensitif. Tak hanya itu, penggunaan cleansing oil juga membuat wajah lebih lembap dan mampu melunturkan sisa-sisa sel kulit mati pada wajah.

Setelah penggunaan cleansing oil, Anda bisa mencuci muka dengan sabun wajah kemudian dilanjutkan dengan micellar water sebelum penggunaan skin care di malam hari.

Sumber: Kumparan | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

 


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Cara Melindungi Rumah Anda Dari Ular https://t.co/5frnaaBsv3
Lembah Panyaweuyan, Indahnya Permadani Hijau Majalengka https://t.co/sH2hWy4cAJ
Touring, Cara Bikers TRS Subang Melepas Penat https://t.co/vbDobG5lLw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page