Ingin Cepat Dapat Pekerjaan?, Ikuti Cara Ini



Bagi fresh graduate (mereka yang baru lulus dan belum punya banyak pengalaman kerja), mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Sebab minimnya skill dan keterampilan setelah lulus dari universitas. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara cepat dapat kerja bagi fresh graduate berikut ini.

BERITA TERKAIT:

Yang Harus Diketahui Remaja Sebelum Berkeluarga
Hai Remaja, Ini Yang Bikin Ortu Senang Saat Kamu Dewasa

1. Membuat CV

Buatlah cv (curucullum vitae) dengan kualitas yang baik, mulai dari desain, font, hingga informasi pribadi. Jika pada umumnya cv berisi informasi pribadi berupa, biodata, pengalaman, hingga pendidikan. Sekarang saatnya Anda membuat cv dengan memberikan informasi secara detail dan informatif. Berikut poin-poin yang harus diperhatikan, sebelum mulai membuat cv.

  • Biodata, lengkapi biodata diri Anda dengan singkat dan jelas. Cobalah untuk menuliskan dengan jujur dan menggambarkan diri Anda yang sebenarnya. Sehingga perekrut akan dapat melihat diri Anda secara langsung.
  • Pendidikan, poin ini selalu menjadi halaman berikutnya setelah biodata. Jika selama ini Anda menuliskan pendidikan dari SD hingga Universitas, tidak ada salahnya untuk mencantumkan pendidikan non-formal juga. Ini akan membuat Anda memiliki poin tambah menurut pandangan perekrut.
  • Prestasi, pastikan poin ini Anda cantumkan ketika menuliskan cv. Hal ini juga dapat berdampak baik dan memiliki kesempatan besar untuk diterima kerja. Perusahaan tidak hanya melihat prestasi dalam hal akademis saja, melainkan juga non-akademis untuk menilai seorang pencari kerja.
  • Pengalaman, poin ini juga jangan lupa untuk dicantumkan. Meski belum memiliki pengalaman pekerjaan, Anda dapat mencantumkan pengalaman saat magang. Ini juga akan membuat yain perekrut.
  • Keahlian, meski baru lulus kuliah setidaknya Anda memiliki keahlian dibidang lain. Cobalah untuk mencantumkan keahlian tersebut. Siapa tahu, perusahaan tersebut juga membutuhkan tenaga ahli yang lainnya.
  • Lampiran, siapkan beberapa dokumen yang harus dipersiapkan untuk file pendukung. Biasanya lampiran ini berupa ijazah, transkip nilai, sertifikat, portofolio, dan lain sebagianya untuk dijadikan pertimbangan informasi tambahan.

2. Lamar Pekerjaan Melalui Email

Cara cepat dapat kerja berikutnya adalah, lamar pekerjaan melalui email. Namun harus memperhatikan juga beberapa langkah berikut ini. Agar HRD perusahaan tersebut, melihat keyakinan Anda untuk bekerja.

  • Alamat Email yang Profesional. Jika Anda ingin melamar pekerjaan, pastikan menggunakan nama alamat email yang profesional. Misalnya membuat email dengan nama lengkap Anda. Jangan pernah membuat email dengan nama yang aneh-aneh, misalnya Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.. Hal tersebut harus dihindari agar email Anda terbaca oleh HRD.
  • Isi Subjek Email. Jangan lupa mengisi subjek email tersebut dengan keterangan jelas. Misalnya,  Anda ingin melamar pekerjaan sebagai Quality Assurance. Anda harus menuliskan keterangan di subjek email berupa “Dokumen Lamaran Pekerjaan Sebagai Quality Assurance”. Dengan informasi yang jelas ini, akan membuat HRD mudah menyeleksi pelamar kerja lainnya.
  • Isi Cover Letter. Ini poin yang selalu dilupakan oleh pelamar kerja. Jika Anda ingin cepat mendapat pekerjaan adalah dengan mengisi bagian body email. Ini sudah menjadi keharusan bagi para pelamar kerja. Anda dapat menuliskan cerita singkat dari mana Anda mendapatkan info pekerjaan tersebut hingga menceritakan sedikit tentang diri.
  • Lampirkan File di Email. Cara cepat dapat kerja selanjutnya adalah, melampirkan file atau dokumen yang berhubungan dengan lamaran tersebut. Berikan file dengan kualitas terbaik.

3. Perluas Jaringan

Dalam hal ini yang harus dilakukan adalah memperluas jaringan. Anda dituntut untuk memperluas jaringan agar mudah mendapatkan link pekerjaan dengan mudah. Selain itu, memperluas jaringan juga akan membuat Anda lebih luas dalam banyak hal. Mulai dari pemikiran hingga memperluas ruang diskusi.

4. Mengasah Kemampuan

Memanfaatkan waktu selama belum mendapatkan pekerjaan dengan mengasah kemampuan. Dalam hal ini, Anda dapat melatih kemampuan dengan mengikuti ragam jenis kursus yang sesuai dengan tujuan pekerjaan dan lain sebagainya. Pilih jenis kursus yang dapat menjadi peluang pekerjaan.

5. Tetap  Berusaha dan Berdoa

Jangan lupa untuk selalu berusaha, dengan mencari lowongan pekerjaan dan melamar pekerjaan tersebut. Selain berusaha, yang perlu dilakukan adalah selalu berdoa, meminta jalan agar dimudahkan dan dilancarkan usaha Anda mendapatkan pekerjaan.

Itulah beberapa cara cepat dapat kerja bagi fresh graduate yang perlu dilakukan. Pastikan Anda selalu berpikir positif dan semangat dalam mencari pekerjaan. Jangan terlalu memilih pekerjaan dan gaji. Terutama jika Anda belum memiliki pengalaman, menuntut gaji yang tinggi bukan menjadi solusi. Justru Anda akan masuk dalam daftar hitam sebagai pelamar.

Sumber: uPrint.id | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 2
Banner Kanan 1

Twitter Update

Penasihat Hukum Oknum PNS Majalengka Hargai Penetapan Tersangka IN https://t.co/CpIAkzN4dI
Hai Mom, Ingin Bokong Lebih Kencang? Coba Bercinta Dengan 4 Gaya Ini https://t.co/1o0Kxp3RcO
Gerbong Kereta Bekas di Cikaum Subang Terbakar https://t.co/7Y6T8TD2iO https://t.co/KdL75W6tA8
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page