FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Benarkah Belajar Daring Mengganggu Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya



 

 



SUBANG, TINTAHIJAU.com - Kuliah online dimasa pandemi adalah solusi, agar proses belajar terus berlangsung. Namun kenyataanya, belajar secara daring dapat menggangu kesehatan mental.


Ditulis Balqis Farras Thifal mahasiswi psikologi dari universitas syiah kuala Banda Aceh, dikutip dari Pustaka Kartika (2020). Gejala stres pada mahasiswa meningkat di masa pandemi COVID-19. Beberapa keluhan yang diakibatkan pembelajaran daring ini seperti jenuh yang terus-menerus dalam pembelajaran daring, kesulitan memahami pembelajaran, kesulitan beradaptasi, zoom fatigue, hingga menyebabkan perubahan suasana hati para mahasiswa. 
 
Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa. Namun, stigma dan terbatasnya layanan membuat kesehatan jiwa masih menjadi urusan yang terpinggirkan. Padahal, kesehatan mental penduduk muda jadi penentu produktivitas penduduk. Demikian Dicky Pelupessy Ketua Laboratorium Intervensi Sosial dan Krisis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
 
Pandemi Covid-19 tidak hanya menyebarkan virus korona, lanjut Dicky, tetapi juga kecemasan dan berbagai masalah kesehatan jiwa di masyarakat. Namun, perhatian dan upaya mengatasi dampak pandemi pada mental masyarakat itu kalah jauh dibandingkan upaya penanganan kesehatan fisik akibat korona.
 
”Kesehatan mental masih dianggap tidak sama pentingnya dengan kesehatan fisik,” Jelas Dicky Pelupessy, dikutip dari psikologi.ui.ac.id, Selasa, (12/10/2021).
 
Untuk mendongkrak kesadaran mental masyarakat, lanjut Dicky, layanan kesehatan mental harus diperluas. Saat ini, dengan sekitar 3.000 psikolog klinis dan 1.000-an dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater tentu sulit menjangkau 270 juta penduduk Indonesia. 
"Wilayah geografis yang berpulau, membuat jumlah profesional kesehatan jiwa yang terbatas itu terkumpul di kota-kota besar saja" tutup Dicky.
 
 
 
FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Quote "Berkomitmen untuk bisa konsisten dan tidak pernah berhenti untuk memperbaiki." ~Anthony Robbins~ https://t.co/X1L5oOwffd
SUAMI BERSAING DENGAN ISTRI DI PILKADES KABUPATEN SUBANG https://t.co/lbLgV5jk6W
Inilah 5 Fakta Terkini Terkait Kebakaran di Gedung Cyber 1 di Jakarta https://t.co/ekZ1P7Z2zJ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter