FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Masih Muda Tapi Tubuh Gampang Lelah dan Sering Mengantuk, Mungkin Ini Penyebabnya

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Penyebab gampang lelah dan mengantuk tidak boleh terus diabaikan, apalagi buat kamu yang masih berusia muda. Mengapa? Sebab, ini bisa jadi salah satu pertanda tubuh sedang tidak baik-baik saja.

Yup, di usia muda idealnya kamu memiliki energi yang lebih kuat untuk melakukan berbagai macam aktivitas dibanding mereka yang sudah tua. Lantas, apa saja penyebab gampang lelah dan ngantuk yang kamu rasakan selama ini?

Berikut yang harus kamu waspadai:

Hipersomnia

Sudah memiliki jam tidur cukup baik tapi tubuh gampang lelah dan ngantuk berat? Bisa jadi ini salah satu tanda dari hipersomnia, Beauties.  Menurut American Sleep Association, hipersomnia adalah tanda-tanda mengantuk berlebihan seolah-olah kurang tidur.

Meskipun penderita hipersomnia sudah memiliki kualitas tidur cukup baik di malam hari, tetap saja mereka merasa butuh tidur di siang hari. Ini disebabkan oleh pikiran mereka yang selalu diselimuti oleh rasa kantuk dan keinginan untuk tidur.

Gangguan tidur satu ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu hipersomnia primer dan sekunder. Penyebab dari hypersomnia primer adalah adanya gangguan genetik seperti myotonic dystrophy, penyakit Norrie dan sindrom Prader-Will. Sementara itu, penyebab dari hipersomnia sekunder adalah obesitas, depresi, epilepsi, atau sclerosis multiple.

BACA JUGA: 4 Gangguan Kesehatan Mengintai Jika Makan Daging Kurban berlebihan

Kurang Tidur

Penyebab gampang lelah dan ngantuk selanjutnya adalah kurang tidur. Pusat kajian tidur dan jam biologis dari Monash University, Australia, melakukan sebuah penelitian tentang penyebab kelelahan yang berhubungan dengan gangguan pola tidur.

Hasil yang diungkapkan oleh dr. Tracey Sletten dari pusat kajian tersebut adalah orang yang bermain handphone, komputer, dan tablet di malam hari menambah masalah karena tidak bisa mengatasi masalah kurang tidur.

Kurang tidur bisa mengganggu kesehatan, salah satunya membuat tubuh mudah lelah, ngantuk, bingung, cemas, mudah emosi, dan lainnya. Nah, buat kamu yang hobi begadang, bisa jadi ini salah satu penyebab lelah dan ngantuk yang kamu rasakan selama ini. Mulai dari sekarang, yuk perbaiki jam istirahat untuk meningkatkan energimu.

Jumlah Asupan Karbohidrat yang Terlalu Tinggi

Praktisi diet Jemma O’Hanlon mengatakan bahwa jumlah karbohidrat juga berdampak pada rasa kantuk lho, Beauties. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, mie, dan pasta harus kamu waspadai. Jangan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan berkarbohidrat karena bisa memicu rasa kantuk, apalagi setelah makan.

Selain itu, jumlah porsi makanan yang berlemak juga bisa menyebabkan rasa lelah dan kantuk. Karena tubuh harus bekerja ekstra untuk memecah atau mencerna makanan berlemak yang berjumlah banyak, sehingga butuh energi yang sangat banyak.





Kurang Vitamin

Tubuh mudah lelah di usia muda juga bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin dalam tubuh. Misalnya vitamin D, vitamin B-12, zat besi, magnesium, atau kalium. Menurut salah satu studi kasus, kadar vitamin D yang rendah dalam darah bisa menyebabkan kelelahan yang memiliki efek negatif untuk kesehatan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa seorang perempuan yang mengalami kelelahan kronis di siang hari dan memiliki kadar vitamin D dalam darah sangat rendah bisa teratasi hanya dengan mengonsumsi suplemen vitamin D. Nah, untuk mengidentifikasi kekurangan vitamin apa yang kamu alami, hal yang harus kamu lakukan adalah tes darah secara rutin.

BACA JUGA: Ada Banyak Manfaat Jika Anda Minum Air Jahe Setiap Hari

Tubuh Kurang Cairan

Dilansir dari Byrdie, saat tubuh kekurangan cairan akibat minum, tanpa disadari tubuh akan kehilangan air lebih cepat daripada kehilangan elektrolit. Akibatnya, terjadilah ketidakseimbangan elektrolit yang bisa menyebabkan tubuh gampang lelah, lemas, kejang otot, hingga detak jantung tidak teratur.

Oleh sebab itu, jagalah kadar keseimbangan elektrolit tubuh dengan mengonsumsi air sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebab, elektrolit memiliki peran penting dalam menjaga fungsi jaringan tubuh, termasuk peran natrium dalam komunikasi saraf. Jadi, jangan malas untuk minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu ya, Beauties.

Depresi

Dilansir dari Huffpost, hubungan antara kelelahan dan depresi memang tidak linier. Namun, para ahli kesehatan mental mengatakan bahwa rasa kelelahan dari depresi mungkin memiliki hubungan dengan masalah tidur.

Menurut Nadine Kaslow, profesor Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku Fakultas Kedokteran di Universitas Emory, mengatakan bahwa kelelahan bisa memengaruhi lebih dari 90% orang dengan depresi mayor. Rasa lelah akibat depresi mungkin tidak hanya membuat seseorang bangun lebih pagi atau tertidur di siang hari, tetapi juga bisa muncul dengan rasa kekurangan energi.

Itulah 6 penyebab gampang lelah dan ngantuk yang kamu rasakan selama ini, Beauties. Tidak ada salahnya untuk memperbaiki pola makan, jam tidur, dan kontrol diri agar tubuh tidak kehilangan banyak energi.

Sumber: Beautynesia.id | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sumpah Pemuda Jadi Inspirasi Generasi Muda dalam Perbaikan Gizi Indonesia https://t.co/ds7KLHv1Wd
Asyik! Bakal Ada Bansos Rp300 Ribu Akhir Tahun Ini, Bagaimana Cara Dapatnya? https://t.co/04IFW21gto
Puluhan Satwa Dilepasliar di ODTWA Argapura Majalengka https://t.co/hsgNwcrWEj
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter