FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Selain Menjadi Lebih Gaya, Ternyata Ada Manfaat Lain Saat Menggunakan Kacamata Hitam

Indeks Artikel




SUBANG, TINTAHIJAU.com - Banyak orang menggunakan kacamata hitam untuk alasan fesyen. Namun, di luar membuat tampilan jadi lebih menarik, kacamata hitam juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan.

Kacamata hitam pada dasarnya dibuat sebagai bentuk perlindungan mata dari paparan sinar ultraviolet.

Pada abad ke-21, pengaruh buruk sinar UV mulai dikenal dengan luas. Akibatnya, tak hanya untuk membuat tampilan lebih menarik, banyak orang berbondong-bondong menggunakan kacamata hitam untuk melindungi matanya.

Faktanya, beberapa masalah kesehatan pada mata disebabkan oleh paparan sinar UV berlebih. Di sini lah manfaat kacamata hitam untuk kesehatan mulai diketahui. American Optometric Association bahkan menyarankan Anda untuk selalu menggunakan kacamata hitam pada siang hari.

BACA JUGA: Awas! Jangan Makan Nasi dengan Tiga Tambahan Makanan Ini, Bisa Mengancam Seisi Rumah

Berikut manfaat memakai kacamata hitam untuk kesehatan, mengutip Medicine Net dan berbagai sumber.

1. Mencegah katarak

Kacamata hitam melindungi mata dari sinar UV. Pada saat yang sama, sinar UV juga diketahui menjadi salah satu faktor yang menyebabkan katarak.

Katarak merupakan area padat dan keruh yang terbentuk di lensa mata. Katarak muncul saat protein di mata membentuk gumpalan yang mencegah lensa mengirimkan gambaran jelas ke retina, yang pada akhirnya dapat mengganggu penglihatan.

Mengutip British Medical Journal, paparan radiasi sinar UV dapat menyebabkan pembentukan katarak. Radiasi ultraviolet juga menjadi faktor risiko kerusakan retina pada anak.

2. Mencegah degenerasi makula

Selain menurunkan risiko katarak, penggunaan kacamata hitam juga dapat melindungi mata dari ancaman degenerasi makula. Manfaat ini diberikan dengan cara melindungi mata dari cahaya biru sebagai salah satu spektrum matahari yang dapat memicu degenerasi makula.

Degenerasi makula menyebabkan hilangnya penglihatan di bagian tengah bidang pandang. Penglihatan yang kabur adalah salah satu gejala utamanya.

Mengutip laman American Macular Degeneration Foundation, cahaya biru adalah bagian dari spektrum cahaya matahari yang tak kasat mata dan berbahaya bagi mata. Cahaya biru ini dapat merusak retina mata.

Simak manfaat memakai kacamata hitam lainnya di halaman berikutnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Puluhan Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi Simpan Pinjam Berhasil Diamankan, Uang Sejumlah Rp20,4 Miliar Disita https://t.co/7yjzV1fNTF
Menag Yaqut Buka Suara soal 'Kemenag Hadiah untuk NU' https://t.co/XcwLSHv1vL
Gaduh Pernyataan Menag, Kapolri Diminta Segera Bertindak https://t.co/ctpWO4bMuM
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter