FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Mengenal Bergam Jenis Rasa Lapar dan Cara Mengatasinya

Indeks Artikel


Sebagai mahluk bernyawa tentu kita akan merasa lapar, rasa lapar ini umumnya adalah sebuah indikasi bahwa kita ingin makan. Namun demikian, rasa lapar yang datang ternyata tidak selalu merupakan identifikasi bahwa kita membutuhkan asupanmakanan, karena rasa ini sering kali dipengaruhi oleh beragam faktir seperti pikiran, emosi dan pemenuhan sensasi tertentu.

Makan dengan penuh kesadaran adalah cara konsumsi yang mendorong Anda memerhatikan setiap gigitan tanpa rasa bersalah. Dengan kata lain, makan dalam keadaan sadar tak akan bergantung pada keadaan emosi.

Melansir laman BoldySky, Selasa, 9 Februari 2021, berdasarkan pola makan dengan kesadaran, ada tujuh jenis rasa lapar yang semuanya terkait berbagai organ tubuh Anda. Cakupannya mulai dari jantung, hidung, hingga perut.

BACA JUGA:
Sering Merasa Lapar Saat Bangun Tidur? Kenali Penyebabnya
Kenali Jika Bayi Anda Lapar, Selain Menangis dan Merengek

1. Lapar Pikiran

Pikiran memiliki kekuatan untuk mengatasi perasaan dan emosi. Kelaparan pikiran dikaitkan dengan kondisi "harus atau tidak boleh." Misal, "Hari ini adalah hari keberuntungan saya, saya harus membeli kue" sering kali diatur suasana hati dan pikiran Anda.

Hal buruk tentang kelaparan pikiran adalah sering berubah, termasuk dalam preferensi makanan. Pikiran sering berubah karena dipengaruhi beberapa nutrisi atau nasihat dari para ahli diet. Hal ini membuat pikiran Anda tak puas karena fluktuasi berakibat kebutuhan nutrisi tubuh yang sebenarnya terlampaui.

Cara mengatasi:

Cobalah sering-sering bertanya pada diri sendiri sebelum makan. "Apakah saya makan karena lapar?", "Akankah makanan memuaskan keinginan saya?" Lebih baik melatih kewaspadaan karena itu membantu Anda membaca pikiran sebenarnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Nama Ayus, Nisa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Sempat 0 Penambahan, Kasus Covid-19 di Subang Melesat Lagi https://t.co/wNXmHWJCVE
Nama Ayus, Nissa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter