FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jantung Anda Berdebar Setelah Minum Kopi? Mungkin Ini Penyebabnya

Indeks Artikel


TINTAHIJAU.com - Bagi sebagian orang, minum kopi dapat menghilangkan kantuk serta rasa lelah. Namun, tak jarang dari mereka yang merasakan jantung berdebar dengan cepat setelah mengonsumsi kopi.

Ternyata, kafein bisa merangsang sistem saraf pusat otak dan mempercepat detak jantung. Jika Anda minum banyak minuman berkafein dalam satu hari, hal itu dapat mempercepat kinerja jantung sehingga berdebar-debar lebih dari biasanya.

BACA JUGA:
Jika Tahu Caranya, Minum Kopi Bisa Turunkan Berat Badan Lho
Ternyata Kopi Bisa Atasi Rambut Rontok Pada Pria

Dikutip dari WebMD, kondisi ini disebut sinus takikardia yakni kondisi jantung berdetak lebih dari 100 kali per menit. Tak hanya kopi, penyebab sinus takikardia juga mencakup olahraga berat, demam, rasa cemas berlebihan, hingga stres.

Gejala-gejala yang dialami apabila terkena sinus takikardia, seperti pusing, sakit kepala ringan, sesak napas, nyeri dada, dan palpitasi jantung. Palpitasi jantung adalah kondisi di mana jantung berdenyut kencang dan berdebar dengan tidak teratur.

Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut:

1. Lakukan teknik relaksasi

Stres dapat memicu palpitasi jantung karena stres bisa merangsang kerja saraf otak. Cobalah duduk bersila dan tarik napas perlahan melalui lubang hidung, keluarkan melalui mulut lalu ulangi sampai Anda merasa tenang.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sering Duduk Seharian di Kasur Karena WFH? Ini Tips Agar Tidak Cepat Pegal https://t.co/byDGs7erJS
Anggota DPRD Subang Tantang Kades Pepe Kembalikan Marwah https://t.co/8F2KDKqILI
Sejumlah Masalah Ini Ternyata Bisa Diselesaikan di Atas Ranjang https://t.co/EU5dpWiz7e
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter