FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Benarkah Terus Mengkonsumsi Makanan Penyebab Alergi Bisa Sembuhkan Alergi Tersebut?

Indeks Artikel


Bunda mungkin sudah pernah mendengar saran ini: kalau anak alergi makanan, justru kasih saja terus makanan itu, nanti alerginya bisa sembuh karena tubuhnya jadi kebal.

Saran tersebut cukup populer di kalangan masyarakat, bahkan sepertinya tak sedikit yang mempercayainya sebagai metode yang tepat untuk menangani alergi pada anak. Atau mungkin, Bunda sendiri pernah menggunakan metode itu, kemudian terbukti berhasil? Misalnya, anak mengalami alergi telur, lalu Bunda melanjutkan pemberian telur padanya sampai alerginya tidak muncul lagi.

BACA JUGA:
Ingin Terlihat Awet Muda?, Lakukan Cara Sederhana Ini
Cara Sederhana Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam pada Wajah
Kenali Penyebab Mama Sering Buang Air Kecil Tengah Malam

Akan tetapi bagaimana sudut pandang medis terhadap cara tersebut? Sudah tepatkah? Atau justru berpotensi menimbulkan risiko maupun efek samping?

Konsultan alergi imunologi Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) menjelaskan bahwa memberikan paparan alergen dari makanan untuk penderita alergi secara terus-menerus dengan tujuan menimbulkan kekebalan, dalam istilah kedokteran dikenal sebagai imunoterapi. Namun, metode ini mensyaratkan harus dilakukan dengan dosis yang tepat.

"Banyak anggapan itu di masyarakat. Kalau di kedokteran namanya imunoterapi. Jadi dikebalkan. Tapi dikebalkan itu harus dengan dosis tertentu dan dicobakan sedikit-sedikit. Kita tidak bisa mengatur sendiri dosis," kata Prof. Zaki di acara Instagram Live Ayahbunda, 5 Oktober 2020.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Perpusda Purwakarta Jadi Percontohan di Indoensia https://t.co/lUCvNxh3W8
Fakta atau Mitos: Vagina Bisa Longgar Karena Kebanyakan Berhubungan Seks https://t.co/SSQ5KdIWPn
Indramayu Kini Miliki Laboratorium Untuk Uji Swab Sendiri https://t.co/b4LNu69r8x
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter