FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Hati-hati, Sarapan dengan Makanan Ini Justru Malah Ganggu Pencernaan



Tak jarang kita mungkin merasakan gangguan pencernaan atau kembung tanpa alasan. Rasa yang sering timbul, seperti merasa kenyang di awal makan, lalu tidak nyaman, dan kenyang setelah makan. Bahkan, sampai mengalami nyeri ringan pada area perut bagian atas.

Menurut ahli pola makan atau diet, Amanda Sauceda, RDN, gangguan pencernaan biasa terjadi akibat menu sarapan yang salah. Dilansir di laman Livestrong, Rabu (2/9), berikut beberapa menu sarapan yang mungkin menyebabkan gangguan pencernaan.

BACA JUGA:
Ortu Wajib Tahu, Bakteri yang Sering Racuni Makanan
Walaupun Dianggap Bergizi, Hindari Konsumsi Udang dengan Makanan Ini
Yang Mau Diet Wajib Tahu, 5 Makanan Enak yang Tidak Bikin Gendut
Catat!, 7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Miliki Kandungan Gula Tinggi

Makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi biasanya dikonsumsi karena membuat tubuh sehat dan dapat mengenyangkan. Makan sarapan dengan makanan tinggi serat tampak seperti langkah yang tepat. Namun demikian, Sauceda memperingatkan untuk tetap waspada.

"Jika Anda pernah memutuskan untuk mengganti semangkuk sereal pagi Anda dengan yang banyak mengandung serat, berhati-hatilah," ujar Saucedo.

Menurutnya, makan lebih banyak serat saat tubuh tidak terbiasa, akan membuat usus tidak baik. Memakan serat sebaiknya dilakukan secara perlahan agar usus bisa lebih terbiasa.

“Dan pastikan untuk minum lebih banyak air setiap kali Anda menambahkan lebih banyak serat,” jelas dia.

Makanan dengan pemanis buatan

Sauceda mengatakan, usus tidak selalu menyukai pemanis buatan. Dia menyebut terdapat penelitian yang menghubungkan pemanis buatan dengan efek merugikan pada mikrobioma usus.

Kemungkinan besar, makanan-makanan itu seperti yogurt ringan, bubuk protein rendah gula, atau bahkan selai bebas gula yang dioleskan pada roti panggang yang manis karena dimaniskan dengan pemanis buatan atau alkohol gula. Menurut Mayo Clinic, gula alkohol dalam jumlah tinggi juga dapat menyebabkan perut kembung, bahkan diare.

Jus

Sebagian orang menganggap jus adalah menu yang baik untuk sarapan. Apakah benar?

"Jus, ya, bahkan jus seledri, tidak selalu cocok dengan usus Anda dan bisa menyebabkan kembung atau gangguan pencernaan. Saat Anda membuat jus, seratnya akan dikeluarkan dan Anda akan mendapatkan gula sederhana yang bisa membuat usus Anda tidak bahagia,” kata Sauceda.

Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan dapat lebih berbahaya daripada manfaatnya bagi usus. "Melewatkan sarapan juga bisa menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan," tambah Sauceda.

Sumber: Republika | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Majalengka Bekuk Komplotan Pelaku Bobol Baterai Tower https://t.co/ofR3jM47kX
Ini Ciri-ciri Kehamilan 2 Bulan yang Wajib Mama Ketahui https://t.co/QtrAIKHCeI
Jelang Musim Hujan, Dinkes Subang Waspadai Efek Bencana Alam https://t.co/QXI1DnhbSH
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter