FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kenali 3 Bahan Alternartif Pengganti Gula, Lebih Sehat Bagi Tubuh



Banyak orang mengonsumsi gula berlebihan secara tidak sadar. Bagaimana tidak, makanan dengan kadar gula tinggi begitu mudah ditemukan. Padahal gula dapat mengganggu hormon insulin dalam tubuh yang mengatur rasa lapar dan kenyang sehingga menyebabkan peningkatan asupan kalori dan penambahan berat badan.

Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat merusak metabolisme, yang dapat menyebabkan peningkatan insulin dan penyimpanan lemak.

Selain menyebabkan masalah kesehatan, gula juga membuat ketagihan.

Hal ini menyebabkan dopamin dilepaskan di pusat penghargaan otak, yang merupakan respons yang sama yang diaktifkan oleh obat-obatan yang membuat kecanduan.

Berikut ini bahan alternatif pengganti gula yang tentunya lebih aman untuk dikonsumsi, terutama bagi Anda yang mengalami diabetes:

1 Madu

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan madu. Cairan yang terkenal dengan manisnya ini mengandung antioksidan dan sejumlah kecil vitamin dan mineral. Tak hanya rasanya yang manis, madu juga memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan Rasulullah sendiri menganjurkan meminum madu agar hidup lebih sehat.

Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram karbohidrat. Kalori dan karbohidrat ini didapatkan madu dari gula alami yang terkandung di dalamnya. Gula ini setidaknya mengandung 50 persen fruktosa dan glukosa.

Meski punya beberapa manfaat kesehatan, tetapi jangan mengkonsumsi madu secara berlebihan karena bisa mengakibatkan masalah seperti meningkatkan kadar gula darah dan masalah gigi. Cobalah konsumsi madu kira-kira 10 sendok teh, yaitu 50 ml madu per hari.

2 Gula Kelapa

Gula kelapa atau gul aren memiliki indeks glikemik yang rendah, karena itu gula kelapa akan tak akan memicu lonjakan insulin. Itu menjadikannya pilihan yang lebih baik, terutama bagi penderita diabetes atau pra-diabetes.

Gula kelapa mengandung beberapa nutrisi, termasuk zat besi, seng, kalsium, dan kalium, serta antioksidan.

Gula kelapa memiliki dampak yang lebih kecil pada kadar glukosa darah daripada gula putih biasa karena mengandung trace mineral yang membantu memperlambat penyerapan.

Satu sendok teh gula kelapa mengandung sekitar 10 miligram kalsium, hanya 1 persen dari 1.000 miligram kalsium yang direkomendasikan untuk dimakan orang dewasa per hari. Jadi, konsumsi gula kelapa tidak akan merusak nutrisi Anda untuk hari itu.

3 Sirup mapel

Sirup mapel terbuat dari getah pohon mapel. Sirup mapel mengandung banyak mineral seperti zat besi, kasium, zinc, mangan dan potasium dan lebih dari 24 antioksidan berbeda.

Umumnya, sirup mapel digunakan sebagai sirup untuk pancake yang dikucurkan di atasnya. Tak jarang, sirup maple juga dipakai dalam resep kue atau hidangan penutup untuk memberikan rasa yang khas.
Satu sendok makan sirup mapel murni mengandung 52 kalori. Sedangkan untuk satu sendok makan madu mengandung 64 kalori

Jika Anda menginginkan mineral dan fruktosa yang lebih rendah, sirup mapel adalah pilihan yang sangat baik.

Sirup mapel memiliki indeks glikemik sedikit lebih rendah daripada gula biasa, tetapi masih akan meningkatkan kadar gula darah Anda secara signifikan.

Sumber: islampos | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Polres Majalengka Bekuk Komplotan Pelaku Bobol Baterai Tower https://t.co/ofR3jM47kX
Ini Ciri-ciri Kehamilan 2 Bulan yang Wajib Mama Ketahui https://t.co/QtrAIKHCeI
Jelang Musim Hujan, Dinkes Subang Waspadai Efek Bencana Alam https://t.co/QXI1DnhbSH
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter