FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Cara Aman Belanja ke Pasar di Tengah Pandemi Corona



Pasar jadi salah satu lokasi penularan virus corona yang harus diwaspadai. Menurut data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, hingga Selasa (23/6), ada 137 orang pedagang pasar yang positif corona.  Jumlah tersebut masih mungkin bertambah, mengingat Dinkes DKI masih terus melakukan pemeriksaan di berbagai pasar.

Untuk mengantisipasi penularan virus corona, Anda bisa berbelanja online. Meski begitu, harus diakui bahwa tidak semua kebutuhan bisa dibeli online, sehingga ada kalanya kita tetap harus pergi ke pasar. Tapi bagaimana ya, supaya bisa aman?

BACA JUGA:
Awas, Menurunkan Masker di Area Dagu Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
5 Makanan Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Mr. P
Viral Pria di Bogor Divonis Tak Boleh Makan Mi Instant Seumur Hidup
Ini Efek Samping Jika Anda Minum Teh Berlebihan

Nah Moms, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberikan beberapa tips yang bisa kita ikuti agar aman belanja di pasar:

1. Tetap jaga jarak

Saat berbelanja ke pasar, jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung selama berbelanja.

2. Bersihkan tangan setelah menyentuh barang

Sebelum pergi ke pasar, pastikan Anda membawa hand sanitizer, Moms. Segeralah cuci tangan atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer secara rutin, terutama setelah menyentuh bahan makanan yang berasal dari hewan, uang, dan benda lainnya.

3. Jangan menyentuh hewan hidup

Ada kemungkinan virus corona bisa menular dari hewan hidup ke manusia. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, ada baiknya Anda tidak menyentuh hewan hidup saat berbelanja di pasar. Jadi, bila ingin membeli lauk pauk hewani, lebih baik tunjuk saja, tak perlu disentuh.

4. Jangan membeli hewan liar

Yang tak kalah penting juga adalah jangan membeli hewan liar, Moms. Di beberapa daerah di Indonesia masih ada jual beli hewan liar. Hal itu bisa meningkatkan risiko penularan virus corona.

Sesampainya di rumah, Anda juga perlu menerapkan beberapa protokol kesehatan agar tetap aman. Sebelum bertemu anak atau anggota keluarga lainnya, lakukan beberapa hal ini sepulangnya dari pasar, sesuai dengan rekomendasi WHO berikut ini.

Karena dari luar, tentu ada protokol tersendiri saat kembali ke rumah. Terlebih jika kembali sambil membawa bahan makanan.

- Sesampainya di rumah segeralah untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 40 detik.
- Kemudian, keluarkan bahan makanan dan simpan dengan tepat. Bersihkan dahulu jika bungkusnya memungkinkan untuk dibersihkan.
- Untuk sayur mayur, cuci dan keringkan sebelum masuk ke dalam kulkas.
- Jangan lupa untuk membersihkan pemukaan dapur dengan air dan sabun.
- Cuci tangan lagi dengan air mengalir dan sabun setelah selesai menyimpan barang-barang belanjaan dan membereskan dapur.

Dan yang tak kalah penting  langsung cuci baju yang dipakai untuk keluar rumah dan segera mandi untuk membersihkan diri secara maksimal.

Sumber: kumparan | Foto: Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat saat blusukan ke pasar.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Cara Membuat SIM Online, Catat Langkah Aman dan Biayanya https://t.co/ryfCpzP1A2
Pulau Lalu Lintas, Taman Baru di Jalanan Majalengka Kota https://t.co/bWoYZDALyB
Pelayanan SIM Keliling di Subang Masih Offline https://t.co/Mrs3phWzCR
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter