FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Awas, Menurunkan Masker di Area Dagu Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan



Pandemi virus corona belum berakhir, namun aktivitas sehari-hari harus tetap berjalan saat era tatanan kehidupan baru alias new normal. Saat beraktivitas di era new normal ini, masyarakat mau tak mau harus terbiasa menggunakan masker. Sebab, hal ini bisa menjadi salah cara untuk menghindari kita dari masuknya virus corona lewat hidung dan mulut.

Meski saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan masker saat berada di tempat umum, namun sayangnya masih banyak juga yang belum paham dalam menggunakannya. Contohnya adalah kebiasaan menurunkan masker ke area dagu. Umumnya cara ini dilakukan saat hendak makan dan minum atau saat berbincang untuk memudahkan komunikasi dengan orang lain.

BACA JUGA:
5 Makanan Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Mr. P
Kamu Wajib Tahu, Kenapa Celana Dalam Harus Dicuci Terpisah
Benarkah Sering Bercinta Bisa Bikin Miss V Longgar?
Catat!, Kenapa Sarapan Pagi Itu Penting


Padahal, kebiasaan menurunkan masker ke dagu sangat tidak disarankan karena bisa meningkatkan risiko terjangkit virus corona. Seorang dosen di Yale Jackson Institute for Global Affairs, Amerika Serikat, Shan Soe-Lin, MPH, PhD, memberikan penjelasannya.

Melansir New York Times, Soe-Lin mengatakan bahwa masker yang telah digunakan dan diletakkan pada dagu bisa meningkatkan penyebaran virus dengan dua cara. Pertama melalui area hidung dan mulut, karena sudah tidak ada lagi perlindungan di area tersebut.

“Ketika Anda tidak menggunakan masker dengan benar seperti diletakkan di dagu, risiko untuk terinfeksi lebih besar. Terlebih jika Anda dihadapkan dengan banyak orang, sehingga dengan kata lain, tidak ada gunanya menggunakan masker sejak awal,” kata Soe-Lin kepada New York Times.

Selain itu, Lin juga menyebut bahwa tingkat risiko yang lebih besar datang dari masker yang kita gunakan itu sudah kotor, atau dalam artian telah dihinggapi kuman dan bakteri akibat beraktivitas.

“Dengan meletakkan masker yang kotor ke dagu, kuman dan bakteri di dalamnya pun bisa mudah terhirup melalui hidung,” tambahnya.

Dari kedua alasan itulah Lin pun mengimbau kita untuk tidak meletakkan masker di area dagu demi alasan kesehatan. Selain itu, Lin juga mengimbau agar setiap orang yang hendak melepas masker, benar-benar melepasnya atau membuangnya.

“Bukan sekadar dilepas atau diletakkan di area dagu melainkan dicopot dari wajah dan langsung dibuang. Jika Anda membutuhkan kembali, gunakan masker yang baru agar lebih steril,” tutup Soe-Lin.

Sumber: kumparan | Foto: Ilustrasi/Shuttrestock

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Cara Membuat SIM Online, Catat Langkah Aman dan Biayanya https://t.co/ryfCpzP1A2
Pulau Lalu Lintas, Taman Baru di Jalanan Majalengka Kota https://t.co/bWoYZDALyB
Pelayanan SIM Keliling di Subang Masih Offline https://t.co/Mrs3phWzCR
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter