FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kamu Wajib Tahu, Kenapa Celana Dalam Harus Dicuci Terpisah



Sepele tetapi kerap terlupakan. Saat mencuci, sering sekali kita malas memisahkan pakaian dalam dengan baju dan pakaian lainnya.

Ternyata ada risiko yang mengintai ketika mencuci bersamaan semua pakaian dengan pakaian dalam. Ini alasan kenapa harus memisahkan pakaian dalaman dengan cucian lainnya, dikutip dari The Times of India.

1. Butuh suhu pencucian berbeda

Penggunaan mesin cuci memang sangat membantu dalam pekerjaan mencuci. Temperatur ideal untuk mencuci pakaian adalah 15 derajat Celcius, tetapi untuk membunuh kuman yang menempel pada baju terutama pakaian dalam dibutuhkan suhu minimum 40 derajat Celcius. Untuk itulah alasan kenapa harus memisahkan cucian pakaian dalam dengan menggunakan air panas untuk membunuh kuman supaya lebih higienis.

2. Menghindari kontaminasi

Anak-anak mudah terkena infeksi daripada orang dewasa dan cara mencuci yang buruk bisa jadi sarana penularan kuman. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Charles Gerba, seorang profesor mikrobiologi di Universitas Arizona, menyimpulkan mencampur dalaman dengan pakaian lain dapat mentransmisikan 100 juta E. coli ke dalam air.

Para ahli riset menyarankan untuk mencuci baju dengan air bertemperatur 60 derajat Celcius jika ada anggota keluarga yang sakit untuk membunuh kuman-kuman.

3. Bisa tercampur dengan kain lap

Kadang beberapa orang mencuci lap dapur dengan pakaian dalam. Jika kita tidak memisahkan celana dalam saat mencuci lap dapur, bakteri Staphylococcus aureus atau E.coli yang kadang ditemukan di pakaian dalam bisa mengkontaminasi ke peralatan dapur yang kita pakai.

Tentu kamu tidak mau kan partikel kotoran dari pakaian dalam kamu akan bercampur dengan makan siang kamu?

4. Pakaian dalam harus dicuci dengan suhu tinggi

Pakar kesehatan menjelaskan pakaian dalam harus dicuci di suhu yang tinggi untuk menghilangkan bakteri yang ada setelah dipakai selama berjam-jam. Kamu harus menggunakan deterjen dengan pemutih jika kamu tidak menggunakan air yang sangat panas untuk membersihkan pakaian dalam.

Sumber: detikcom | Foto: Ilustrasi Mencuci Pakaian/GettyImages

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Temuan Fosil Ungkap Fakta Bahwa Dinosaurus Berjalan Mirip Ayam https://t.co/6aWFgZ4Xj7
Kisah Tukang Becak Lulusan SD yang Jadi Pengusaha Sukses di Swiss https://t.co/WBmGOBXiqH
Ini Dia 5 Kedai Kopi di Majalengka Kota Yang Wajib Dijajal https://t.co/HGYYl8yTQ5
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter