Ahli Psikologi UI: Pikiran Sehat dan Positif Bisa Bantu Lawan Corona



Ahli psikologi politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk menyarankan agar masyarakat menata hati dan pikirannya selama masa pandemi corona. Menurut Hamdi, pikiran yang sehat dan positif bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

"Psychological well being ini menurut riset bisa mempengaruhi imunitas. Imunitas ini kata kunci melawan pandemi. Pandemi itu dampaknya tidak akan terlalu dahsyat kalau setiap orang baik imunnya," kata Hamdi dalam konferensi pers di Graha BNPB, Minggu (10/5).

BACA JUGA:
Cerita Pasien Corona yang Dirawat dan Akhirnya Sembuh, Sempat Ngamuk dan Mengancam Perawat
Di RS Pertamina Jaya, Ada 2 Robot yang Tangani Pasien Corona
Kisah Doni Monardo Saat Menangani Corona
Selama Pandemi Corona dan WFH Diberlakukan, Angka Kehamilan di Tasikmalaya Meningkat


Lebih lanjut, Hamdi menyebut, jika seluruh masyarakat bisa menggalakkan kesehatan psikologis, maka masa pandemi bisa dilalui dengan kondusif. Namun, ia mengakui, masa pandemi corona memang butuh waktu untuk bisa selesai.

"Jadi kita perlu ini konsisten ke arah yang kondusif. Setiap orang harus disiapkan mentalnya tangguh, kemudian disiplin, memperbesar empati dan solidaritas. Ini harus berkelanjutan sampai kurvanya landai," tuturnya.

Sementara itu, pakar marketing Tung Dasem Waringin juga membagikan pengalamannya saat mengidap COVID-19. Dia membeberkan, pikiran positif dan hati yang bahagia menjadi jurus utama dia melawan virus corona.

Tung Dasem dirawat karena virus corona sejak 30 Maret dan sudah sembuh pada 10 April. Menurut Tung Dasem, faktor yang mempengaruhi kesembuhannya adalah rasa bahagia.

“Kalau saya menata hati itu dengan bernyanyi, dengan gerakan. Makanya di Instagram saya waktu di rumah sakit pun saya ngajak dokternya nyanyi, joget, saya nyanyi ‘hati yang gembira, adalah obat yang manjur’ dan saya kirim ke banyak orang, (melalui) voice note,” tutur Tung Dasem.

Sumber: Kumparan | IlustrasiL Corona

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


Twitter Update

Polisi Lakukan Penyekatan di Perbatasan Subang dan Purwakarta https://t.co/G71qvCJS82
Alhamdulillah, 14 Orang Terkonfirmasi Positif Korona di Subang Sudah Sembuh https://t.co/cDV4PSumcE
Empat Hari Terakhir, Tidak Ditemukan Kasus Positif Baru di Purwakarta https://t.co/rsWvvafDIO
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter