FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

     

     

     

Hai Ladies, Kenali Penyebab yang Bikin Payudaramu Nyeri



Payudara merupakan salah satu ‘aset’ paling berharga yang dimiliki perempuan. Bahkan payudara juga bisa menjadi salah satu hal penting yang menunjang penampilan seorang perempuan.

Meski begitu, tak jarang payudara bisa menyebabkan beberapa masalah. Seperti terasa nyeri dan sakit yang bisa terjadi karena kita melakukan olahraga, mengalami menstruasi, atau salah mengkonsumsi sesuatu.

BACA JUGA:
7 Makanan dan Minuman yang Dapat Kamu Bekukan untuk Suplai Selama #dirumahaja
Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini
Ukuran Payudara yang Jadi Idaman Para Pria
Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Menyusui


Untuk mengetahui lebih lengkap alasannya, berikut telah kami rangkum lima hal yang menyebabkan payudara kita sering terasa nyeri dan sakit menurut ahli.

1. Sedang menstruasi

Menjelang menstruasi, tubuh akan mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah payudara yang terasa sakit, nyeri dan bengkak.

Taraneh Shirazian, M.D. menjelaskan, ada banyak alasan yang bisa menyebabkan payudara terasa sakit. Salah satunya adalah hormon di dalam tubuh berubah ketika Anda berovulasi yang terjadi dua minggu sebelum menstruasi tiba.

Menjelang menstruasi, tubuh akan mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah payudara yang terasa sakit, nyeri dan bengkak.

Taraneh Shirazian, M.D. menjelaskan, ada banyak alasan yang bisa menyebabkan payudara terasa sakit. Salah satunya adalah hormon di dalam tubuh berubah ketika Anda berovulasi yang terjadi dua minggu sebelum menstruasi tiba.

2. Melakukan gerakan olahraga push up

Berolahraga setiap hari memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun jangan lupa memperhatikan setiap gerakannya dengan baik ya Ladies. Apalagi jika sedang melakukan push up. Jika tidak dilakukan dengan tepat, push up bisa membuat otot dada terasa sakit.

Nah, letak otot dada ini berada tepat di bawah payudara sehingga biasanya juga memberikan efek nyeri pada payudara.Tetapi Anda tak perlu khawatir karena rasa nyeri ini hanya terjadi sementara. Ladies bisa mengatasinya dengan mengoleskan krim pereda nyeri atau mengompres dengan es batu atau handuk hangat.

3. Mengenakan bra tidak sesuai ukuran

Jika payudara sering terasa sakit, mungkin sudah saatnya Anda memeriksa ukuran bra. Sebab, salah satu penyebab payudara sakit adalah karena Anda mengenakan bra dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran payudara.

Menurut Taraneh Shirazian, M.D., mengenakan bra yang terlalu ketat atau terlalu kecil bisa menyebabkan nyeri pada payudara. Tak hanya pada bra yang dikenakan sehari-hari, sport bra dengan ukuran yang tidak sesuai juga bisa ‘melukai’ payudara. Sebab, bra tersebut tak dapat menopang payudara dengan baik sehingga gerakan-gerakan olahraga bisa membuat jaringan tisu payudara ketarik dan menyebabkan sakit.

4. Payudara memiliki banyak benjolan karena jaringan fibrokistik

Dalam suatu kondisi, payudara Anda bisa menjadi keras dan kencang karena payudara kita memiliki jaringan fibrokistik. Pada dasarnya, jaringan fibrokistik ini membuat payudara jadi memiliki banyak benjolan. Namun Anda tak perlu khawatir Ladies, sebab benjolan ini merupakan hal alami yang terjadi pada payudara.

Menurut American Cancer Society (ACS), benjolan yang dirasakan pada payudara ini sebenarnya adalah kista jinak atau kantung berisi cairan di dalam payudara. Benjolan tersebut juga tidak meningkatkan risiko kanker payudara. Tetapi mereka dapat membesar, jadi lebih sakit, dan kadang akan berubah menjadi lembut karena pengaruh perubahan hormon saat menstruasi.

5. Payudara sensitif terhadap kopi

Ladies, seperti yang sudah diketahui, payudara kita memiliki jaringan fibrokistik atau tumor jinak yang muncul pada kelenjar susu. Hal ini bisa membuat payudara jadi lebih sensitif terhadap stimulan seperti kopi. Seperti yang sudah banyak kita ketahui, kopi mengandung kafein yang merupakan suatu stimulan yang bisa membuat saluran pada payudara membengkak dan menimbulkan rasa sakit.

“Payudara kita memiliki sedikit saluran, dan, kadang-kadang, saluran itu bisa membengkak karena stimulan seperti kafein dan cokelat. Pembengkakan itu kemudian bisa menyebabkan rasa sakit,” ungkap Diane Young, M.D. Ia menyarankan jika suatu saat payudara Anda dalam kondisi keras atau kencang, sebaiknya kurangi minum kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein agar payudara tidak terasa sakit.

Sumber: Kumparan | Foto: Ilustrasi/Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pasien Covid-19 di Karawang Tambah 5 Orang https://t.co/AewFy3IRTb
Sudah 90 Persen, Pelabuhan Patimban Soft Launching Bulan November https://t.co/egV20TRUE8
Waspadai Ancaman Kekerasan, Pemkab Majalengka Godok Perda Perlindungan Anak https://t.co/VD62tYUI4i
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter