Kenali Manfaat Kacang Hijau, Salah satunya Bisa Cegah Kanker



Kacang hijau diyakini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan manusia. Kacang hijau, sama seperti kacang panjang dan buncis, yang kaya akan vitamin A, C dan K, serta asam folat dan serat.

Kacang hijau sendiri memiliki manfaat nutrisi yang mirip dengan kacang polong. Banyak penelitian menunjukkan bahwa memasukkan lebih banyak makanan nabati, seperti kacang hijau bisa mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian.

BACA JUGA:
Kenali Manfaat Lain dari Lampu Tidur
Kenali Minuman yang Bikin Ginjal Bersih dan Sehat
Jangan Makan Durian dengan 7 Makanan Ini, Salah Satunya Bisa Sebabkan Kematian


Dilansir oleh Medical News Today, ini 4 manfaat kacang hijau untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Kacang hijau mengandung klorofil dalam jumlah tinggi. Kandungan ini bisa memblokir efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang dihasilkan ketika memanggang daging pada suhu tinggi.

2. Meningkatkan kesuburan

Kacang hijau salah satu makanan tinggi zat besi yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan mengonsumsi makanan kaya zat besi bersama makanan kaya vitamin C bisa meningkatkan penyerapannya.

Selain itu, asam folat dalam kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk kehamilan. Kandungan ini bisa melindungi janin terhadap cacat tabung saraf.

3. Depresi

Asam folat dalam kacang bermanfaat untuk kehamilan dan depresi. Konsumsi folat yang cukup bisa mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh.

Kelebihan homosistein dalam tubuh bisa menghentikan darah dan nutrisi lain mencapai otak. Homosistein itulah yang mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang mengatur suasana hati.

4. Kesehatan tulang

Satu cangkir kacang hijau bisa mengandung 14,4 mikogram vitamin K, yakni hampir 20% dari kebutuhan harian. Jadi, konsumsi kacang hijau bisa membantu menjaga kesehatan tulang agar tak mudah patah tulang.

Sumber: AyoBandung | Foto: Ilustrasi Kacang Hijau/Pixabay

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pemeriksaan SIKM Bikin Tol Cikampek Menuju Jakarta Macet Sejauh 3 KM https://t.co/WEMdXOpHNw
Hasil Rapid Test, Sebanyak 40 Tenaga Medis RSUD Cideres Negatif https://t.co/m69NPPNTan
Fakta di Balik Trendingnya Karakter Fizi pada Serial Animasi Upin dan Ipin https://t.co/Y8rQLD9X6D
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter