FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Kenali Minuman yang Bikin Ginjal Bersih dan Sehat



Ginjal berfungsi sebagai penyaring racun di dalam tubuh atau disebut detoksifikasi. Detoksifikasi membantu tubuh manusia dalam melakukan setiap kegiatan dengan baik. Manusia hanya perlu memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, maka detoksifikasi akan terus berfungsi dengan baik juga. Namun perlu diingat, bahwa tidak semua minuman diciptakan sama dalam hal kesehatan ginjal.

Ginjal juga membantu menjaga tekanan darah yang sehat, menjaga tulang agar tetap kuat dengan memproduksi vitamin D, membuat sel darah merah, dan menyeimbangkan tingkat pH di dalam tubuh.

Berikut ini adalah lima minuman terbaik untuk menjaga ginjal Anda tetap bersih dan baik. Mulailah untuk banyak mengonsumsi minuman berikut dari sekarang agar ginjal Anda bekerja dengan baik.

1. Jus Cranberry

Anda mungkin pernah mendengar bahwa jus cranberry baik untuk mencegah dan mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK). Ini karena cranberry memiliki senyawa yang mampu menghentikan e. coli yang berkeliaran di saluran kemih. E. coli adalah jenis bakteri yang menyebabkan antara 80-90 persen dari semua infeksi saluran kemih yang didiagnosis.

Jus cranberry juga baik untuk ginjal Anda karena merupakan bagian dari saluran kemih. ISK yang tidak diobati dapat berpindah dari kandung kemih ke ginjal dan menyebabkan infeksi serius yang disebut pielonefritis. Jika itu tidak diobati, itu dapat menyebar ke aliran darah dan menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa.

2. Teh Jahe

Jahe telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal karena jahe selain mudah ditemukan, juga mudah diolah. Jahe sendiri mengandung senyawa yang disebut gingerol yang dapat menghambat penyebaran bakteri. Ini dapat mengurangi ketegangan pada ginjal dan hati yang terlalu banyak bekerja.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe juga dapat membantu mengendalikan gula darah tinggi kronis, yang sangat merusak ginjal Anda. Pada orang sehat, minum teh jahe dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Pada orang dengan diagnosis diabetes, itu dapat melindungi terhadap komplikasi terkait ginjal.

Gingerol juga sering digunakan untuk meningkatkan pencernaan yang sehat dan bahkan mengurangi peradangan dan rasa sakit di seluruh tubuh Anda. Itu banyak alasan bagus untuk menikmati teh jahe setiap hari.

3. Jus Lemon dan Jeruk Nipis

Jeruk kaya akan sesuatu yang disebut sitrat, yang dikenal membantu mencegah batu ginjal. Kondisi menyakitkan ini umumnya terjadi ketika kalsium berikatan dengan mineral lain dan membentuk kristal. Kristal-kristal ini akhirnya mengumpul, membentuk batu yang kemudian harus melewati saluran kemih dalam perkembangan yang menyakitkan.

Mendapatkan lebih banyak sitrat dalam tubuh Anda melalui jus lemon dan jeruk nipis dapat menghentikan kalsium dari pengikatan dengan mineral-mineral lain ini serta menjaga kristal apa pun yang sudah ada di ginjal Anda agar tidak saling menempel lalu membentuk batu.

Caranya adalah memastikan bahwa Anda tidak minum banyak gula tambahan dengan jus Anda. Cobalah limun tanpa ditambahkan gula, atau gunakan sedikit gula sebagai alternatif untuk mengurangi rasa getir. Anda juga bisa membuat minuman lemon atau jeruk nipis sendiri dengan menambahkan sebanyak mungkin jus jeruk murni ke segelas air. Anda bahkan mungkin menambahkan beberapa lemon ke teh jahe Anda untuk dosis ganda dukungan ginjal.

4. Air Putih

Tidak heran jika air putih sangat baik untuk ginjal Anda. Karenan air putih adalah dasar dari segala minuman dan juga peran air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Ketika Anda terhidrasi dengan baik, ginjal Anda akan lebih mudah melakukan detoksifikasi. Sebaliknya, jika Anda mengalami dehidrasi, ginjal Anda harus memindahkan lumpur racun yang lebih tebal dan dapat menarik air keluar dari organ Anda yang lain untuk membantu kerja ginjal.

Minum banyak air juga berarti ada cukup cairan untuk dikeluarkan dalam bentuk urin. Semakin sedikit urin yang Anda hasilkan, semakin lama racun dan mineral pembentuk batu berkeliaran di ginjal dan saluran kemih Anda.

Asupan air perlu dikalibrasi ke tingkat aktivitas Anda, seberapa banyak Anda berkeringat, dan diet Anda secara umum. Bertujuan untuk menghasilkan urin yang sangat kuning muda atau jernih, karena semakin gelap, semakin banyak tekanan ginjal Anda.

Cara terbaik untuk menjaga ginjal Anda tetap bersih dan berfungsi dengan baik adalah tetap terhidrasi. Air putih adalah hal yang paling dibutuhkan, tetapi mengonsumsi minuman lain seperti dalam daftar kami juga dapat meningkatkan manfaat yang baik untuk ginjal Anda.

Yang perlu Anda ingat adalah untuk tetap terhidrasi dengan minum cukup air putih setiap harinya. Dapat dibantu juga dengan minuman seperti di daftar namun tetap tidak dengan porsi yang berlebihan.

Sumber: Suara | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sekolah Terendam, Murid SMAN 1 Pamanukan Subang Diliburkan https://t.co/ILvOOVaN5S
10 Jam Diguyur Hujan, Ratusan Rumah di Pamanukan Terendam Banjir https://t.co/8LTpjUJcac
Ungkap Kasus, Kapolres Subang Reward 18 Personil https://t.co/suT17flI8N
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page