FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ternyata Menangis Itu Baik Bagi untuk Kesehatan lho



Aktivitas menangis sering kali diindentikan dengan seseorang yang memiliki sifat cengeng. Padahal, menangis adalah sesuatu yang wajar dilakukan dalam mengungkapkan perasaan terharu atau gembira. Biasanya mata merah dan bengkak akibat menangis terlalu lama.

Menangis tidak bisa selalu dipandang sebagai sesuatu negatif, karena faktanya terdapat manfaat menangis bagi kesehatan.Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat menangis bagi kesehatan.

1. Melepaskan ketegangan

Manfaat menangis yang utama adalah meredakan ketegangan yang kamu rasakan. Alasan mengapa banyak wanita tidak selalu cemberut dibandingkan dengan pria adalah karena wanita akan terus meredakan ketegangan melalui menangis.

Pada kenyataannya sebagian orang-orang ingin menangis tapi lebih sering menahannya. Guna menghilangkan rasa tegang, akan lebih baik jika kamu menangis.

2. Membersihkan kotoran mata

Meski hal ini terdengar aneh, faktanya menangis memang mampu membersihkan kotoran di mata. Membiarkan air mata mengalir akan menghilangkan kotoran yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan mencuci mata dari luar. Air mata juga dapat berfungsi untuk menjaga mata tetap segar dan tidak kekeringan.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

3. Melindungi mata dari bakteri

Ketika kamu bepergian ke tempat umum atau mengendarai motor, maka mata kamu sangat rawan terkena debu dan bakteri. Air mata dapat membantu kamu untuk melindungi mata dari serangan bakteri karena mata memiliki lisozim. Larutan enzim ini terdapat di dalam cairan sekresi eksokrin, seperti air susu ibu, air mata, keringat, lendir hidung dan cairan mulut.

Cairan ini berfungsi untuk membunuh bakteri hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Oleh karena itu, jangan menyepelekan manfaat menangis.

4. Melegakan perasaan

Manfaat menangis lainnya adalah mengurangi emosi yang sedang kamu rasakan. Menangis membantu kamu untuk membiarkan emosi pergi dan bisa digunakan sebagai bentuk pengekspresikan diri.

Meskipun kamu didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar. Hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Setelah selesai menangis dan membiarkan semua emosi pergi, kamu akan merasa lebih baik.

5. Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresinya, dan membuat mood terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

BACA JUGA: Jarang Bercinta Ternyata Pengaruhi Kesehatan Pasutri

6. Mengurangi stres

Seperti penjelasan sebelumnya, air mata yang berasal dari emosi membuat hormon stres akan turut dikeluarkan. Tak hanya itu, sebuah studi mengungkapkan manfaat menangis dapat merangsang hormon endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat membuat kamu merasa lebih baik.

7. Meningkatkan kreativitas

Selain terkait kesehatan, manfaat menangis juga bisa meningkatkan kreativitas. Jika kamu melihat kehidupan musisi, artis, atau penyair, semua pasti pernah menghasilkan sesuatu yang kreatif dipicu dari aktivitas menangis.
Jangan Ditahan-tahan, Ini 8 Manfaat Menangis untuk Kesehatanhowtospendit.ft.com/Luis Monteiro

8. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah penelitian menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih baik. Namun apakah menangis memiliki efek membuat tidur lebih baik yang sama pada orang dewasa–belum ada penelitian terhadap hal ini.

Namun, efek menenangkan, meningkatkan mood, dan menghilangkan rasa sakit dari menangis dapat membantu seseorang tertidur lebih mudah. Manfaat menangis pada bayi membantunya membersihkan cairan ekstra di paru-paru, hidung, dan mulut.

Nah, itulah manfaat menangis yang berguna bagi kesehatan tubuh. Terlepas dari manfaat bagi mata atau manfaat menangis bagi kesehatan secara keseluruhan, menangis adalah aktivitas yang tidak boleh berlangsung terus-menerus.

BACA JUGA: Perawatan Kesehatan Dengan Arang Kini Jadi Tren, Apa Manfaatnya?

Sumber: PopBela | Foto: Pexels/Kat Jayne

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Kasus Covid-19 Meningkat, Bupati Garut Ajak Warga Terapkan Prokes https://t.co/dbdk1GP9fZ
Terdampak Covid-19, Dinas Perikanan Karawang Bantu UMKM Pengolahan Ikan https://t.co/FnCVWRh765
Hi App, Aplikasi Chatting Buatan Anak Bangsa Kini Resmi Hadir Untuk Android Dan IOS https://t.co/S4q2R1bsii
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter