Bukan Cuma Berkah, Hujan Memberi 5 Manfaat Dahsyat bagi Manusia



Kesenangan akan turunnya hujan mungkin hanya pernah dirasakan saat menjadi kanak-kanak. Di usia dewasa, kebanyakan orang menghindari hujan, bahkan mengutuki hujan yang turun. Padahal, jika disyukuri, hujan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Memang, kehujanan dan kondisi cuaca yang basah dan dingin saat hujan bisa mengganggu kesehatan. Tapi, beberapa sisi dan cara menikmati hujan berikut akan menguntungkan bagi kesehatan.

1. Mengisi paru-paru dengan udara yang lebih segar
Sebuah studi menunjukkan bahwa udara saat hujan lebih sehat untuk dihirup. Sebelum hujan mulai, udara juga menjadi segar dan bersih. Curah hujan akan menggeser racun di udara bersama debu dan polutan lainnya.

2. Membantu menghidrasi tubuh ketika diminum
Satu studi juga mengatakan bahwa air hujan dapat dikonsumsi. Tapi hanya jika dikumpulkan dalam wadah bersih dari tempat air hujan langsung berasal dari langit tanpa menyentuh permukaan atau lapisan udara yang terpolusi.

3. Kelembaban udara saat hujan bagus untuk kulit
Kelembaban di udara yang mengikuti cuaca hujan sangat baik untuk kulit Anda. Ketika tingkat kelembaban lebih tinggi, virus tertentu yang ada di udara tidak akan mengancam kita.

4. Menenangkan diri dengan aroma hujan yang khas
Beberapa orang bisa merasa lebih bahagia saat mencium bau hujan. Mengapa demikian? Ilmuwan menyebut aroma khas tersebut sebagai 'petrichor' hujan. Aroma tersebut berasal dari beberapa bahan kimia yang dilepaskan bakteri tanah sesaat hujan mulai turun. Tanaman juga cenderung melepaskan zat tertentu yang menyumbang aroma menenangkan tersebut.

5. Sifat alkali air hujan bermanfaat ketika diserap tubuh
Periset percaya bahwa air hujan bersifat alkali atau basa. Ketika terserap dalam tubuh, sifat alkali ini bisa mendetoksifikasi dan meningkatkan fungsi pencernaan. Air alkali juga bisa menyeimbangkan pH darah, sehingga mengurangi kadar asam dalam tubuh.

Sumber: detik | Foto: Pexels



Banner Kanan 1
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Friendly Match, Timnas Pelajar U-18 Vs Kesebelasan Subang https://t.co/UNS3Hx9yCl
Kurangi Kantong Plastik, Kader Muda Golkar Deni Rahayu Bagi-bagi Boboko https://t.co/uGMLTPML6P
UNESCO: Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia https://t.co/Jxngb7SR8e
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page