FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Suplemen Minyak Ikan Bisa Cegah Diabetes Type 2



Asam lemak omega 3 sangat penting untuk fungsi tubuh. Beberapa manfaat di antaranya adalah untuk menurunkan kadar lemak dalam darah, menurunkan tekanan darah dan menghentikan pembekuan darah.

Salah satu jenis utama asam lemak omega-3 adalah asam alfalinolenic (ALA), yang ditemukan dalam makanan nabati, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Dan ini mudah sekali ditemukan di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Ada juga asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), yang disebut omega-3 rantai panjang. Jenis omega-3 ini bisa ditemukan dalam minyak ikan salmon dan ikan, termasuk minyak ikan cod. Lalu benarkan suplemen ini menjauhkan penyakit diabetes tipe 2?

Mitos suplemen minyak ikan

Dikutip dari dailymail.co.uk, suplemen minyak ikan tidak melakukan apa-apa untuk mengurangi risiko Anda terkena diabetes tipe 2. Dan  menurut penelitian, itu adalah mitos.

Meskipun banyak penelitian di masa lalu menyarankan, jika asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit mematikan ini.

Tetapi tinjauan ilmiah lebih dari 80 percobaan, yang ditugaskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, menemukan asam lemak tidak memberikan manfaat seperti itu.

Penelitian terhadap asam lemak omega 3

Para peneliti di University of East Anglia menyimpulkan, orang yang mengonsumsi omega-3, kemungkinan rendah didiagnosis dengan penyakit diabetes tipe 2.

Tim itu juga mengklaim bukti menunjukkan kadar gula darah, insulin, dan hemoglobin terglikasi serupa di antara orang-orang yang tidak dan memang mengonsumsinya.

Ketiganya adalah ukuran bagaimana tubuh menangani gula dan dianggap sebagai langkah penting yang mempengaruhi risiko diabetes tipe 2.

Namun, kajian tersebut mengungkapkan bahwa, orang yang mengonsumsi minyak ikan dalam dosis tinggi dapat mengalami metabolisme gula darah yang lebih buruk.

Meskipun mengakui bukti itu lemah, para ahli mengatakan orang harus menghindari dosis lebih dari 4.4 gram perhari.

Sementara itu, badan kesehatan Inggris atau NHS menyarankan agar orang makan dua porsi ikan dalam seminggu. Termasuk setidaknya satu ikan berminyak, karena tingkat omega-3 yang tinggi.

Namun, banyak orang tidak makan ikan berminyak dan memilih suplemen minyak ikan. Suplemen yang dijual dalam bentuk kapsul, pil dan minyak ini, tersedia tanpa resep di supermarket, apotek, dan toko-toko sudut.

Padahal suplemen minyak ikan tersebut melebihi dosis harian yang disarankan. Sehingga alih-alih bermanfaat bagi kesehatan, malah sebaliknya. Bahkan memperburuk kadar gula darah.

Peneliti utama Dr Lee Hooper mengatakan: "Penelitian kami sebelumnya telah menunjukkan suplemen omega 3 rantai panjang tidak melindungi terhadap... penyakit jantung, stroke, atau kematian."

Ulasan ini menunjukkan bahwa, suplemen omega3 dari minyak ikan tidak mencegah atau mengobati diabetes. Suplemen Omega-3 tidak boleh dianjurkan untuk pencegahan atau pengobatan diabetes.

"Jika orang memilih untuk mengambil kapsul minyak ikan tambahan...maka mereka harus menggunakan dosis kurang dari 4,4 gram per hari untuk menghindari kemungkinan hasil negatif," tambahnya.

Sementara rekannya, Dr Julii Brainard, mengatakan: "Ikan berminyak bisa menjadi makanan yang sangat bergizi sebagai bagian dari makanan seimbang. Kami menyarankan untuk makan lebih banyak ikan berminyak, dan menghindari mengonsumsi suplemen minyak omega 3."

Ahli diet Dr Carrie Ruxton, mengomentari hasil penelitian ini, ia mengatakan: "Saya akan membenci studi baru ini untuk memberi kesan bahwa tidak layak mengonsumsi suplemen omega-3."

Untuk menghindari perdebatan, tidak ada salahnya jika Anda mulai makan ikan setidaknya dua kali seminggu. Ikan berminyak yang penting di antaranya adalah salmon atau tuna.

[ikutrame]

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 1

Twitter Update

Jarak Kelahiran Terlalu Dekat Punya Dampak Buruk Bagi Anak https://t.co/NVqCdl9kKK
Ekslusive! TPA Panembong Subang Terbakar Hebat https://t.co/duS8OF2zZ8 https://t.co/BLSi65mbWP
UU SDA Disahkan, PKS: Kedaulatan Rakyat Atas Air https://t.co/FOsioBB9Bw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page