Follow us:

10 Efek Minum Teh Pagi Hari Saat Perut Kosong

Minum teh di pagi hari nampaknya menjadi kebiasan bagi banyak orang. Alasannya banyak cinta untuk memulai hari dengan secangkir teh panas. Selain itu, ada banyak penikmat teh kompulsif yang tidak bisa minum secangkir teh di pagi hari.

Tentunya, teh memiliki manfaat kesehatan tersendiri, seperti antioksidan yang ada dalam teh hitam atau katekin yang hadir dapat membantu meningkatkan imunitas dan metabolisme. Namun, selain dari semua manfaat kesehatan, seperti dilansir Boldsky, teh juga memiliki risiko. Hal ini terjadi jika menikmati teh saat perut kosong. Terkejutkan?

4 Manfaat Kencing Tidak Sambil Berdiri untuk Kesehatan
4 Cara untuk Bakar Lemak Sambil Tidur, apa saja?
Perhatikan Dampak Minum Kopi untuk Berbuka Puasa

Teh dapat mempengaruhi kesehatan karena mengandung kafein yang bisa memicu asam lambung dan menghancurkan pencernaan jika perut dalam keadaan kosong. Ada alasan mengapa sebaiknya Anda tidak minum teh saat perut kosong.

1. Mengganggu Aktivitas Metabolik
Minum teh pada saat perut kosong di pagi hari akan mengganggu sistem metabolisme karena ketidakseimbangan zat asam dan basa di perut. Hal ini dapat mengganggu aktivitas metabolisme tubuh secara teratur dan dapat menyebabkan lebih banyak masalah pada tubuh.

2. Erosi Gigi Enamel
Konsumsi teh pagi hari bisa mengikis enamel gigi. Hal ini terjadi karena bakteri dalam mulut akan merusak gula yang menyebabkan peningkatan kadar asam di mulut yang pada akhirnya menyebabkan erosi pada enamel di gigi.

3. Dehidrasi Tubuh
Teh bersifat diuretik yang menghilangkan air dari tubuh. Saat bangun pagi, tubuh sudah mengalami dehidrasi karena tidur delapan jam tanpa air. Saat Anda minum teh, bisa menyebabkan dehidrasi berlebihan yang menyebabkan kram otot.

4. Kembung
Banyak orang merasa kembung di perut saat mereka minum teh susu teh. Hal ini terjadi karena kandungan laktosa tinggi dalam susu yang dapat mempengaruhi usus kosong, di mana pada gilirannya menyebabkan sembelit dan gas.

5. Bisa Sebabkan Mual
Waktu antara malam dan pagi adalah saat perut kosong dan minum teh setelah bangun tidur bisa mempengaruhi aktivitas. Hal ini bisa menyebabkan mual dan gugup.

6. Teh Susu
Banyak menikmati minum teh susu; Namun, Anda mungkin tidak sadar bahwa minum teh susu bisa membuat Anda merasa lelah di pagi hari. Ya, minum teh susu di pagi hari bisa membuat Anda merasa rewel dan terganggu.

7. Teh Hitam
Jika Anda berpikir minum teh hitam di pagi hari akan menguntungkan, Anda salah! Teh hitam mungkin bermanfaat bagi kesehatan, tapi minum teh hitam bisa menyebabkan kembung dan bisa menurunkan nafsu makan.

8. Kafein
Kafein dikenal untuk meningkatkan energi. Namun, minum teh dengan perut kosong akan memiliki efek samping, yaitu mual, pusing dan sensasi yang tidak menyenangkan.

9. Kecemasan
Minum teh pada perut kosong akan memiliki efek buruk pada tubuh. Efek ini dapat menyebabkan kegelisahan dan masalah terkait tidur lainnya. Jika Anda berencana untuk minum teh di pagi hari, memilikinya setelah sarapan.

10. Mengurangi Penyerapan Besi
Teh hijau bisa menurunkan kemampuan tubuh menyerap zat besi secara alami. Jadi, orang yang menderita anemia seharusnya tidak minum teh saat perut kosong karena bisa menurunkan tingkat penyerapan zat besi di tubuh dari sumber makanan lain. [sindonews]

 

foto: ilustrasi





Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Tim Futsal Putri Univ. Majalengka Juara 1 Open Futsal Turnamen Wil 3 Cirebon dan Priangan https://t.co/cftWqKlKs7
Surprise! Ini Penampakan Wisma Karya Subang Saat Malam Hari https://t.co/y81mjDemrC
Dua Ruang SMPN Ambruk, DPRD Majalengka: Segera Ajukan Bantuan https://t.co/jH9ejRFyom
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page