FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

40 Desa di Majalengka Miliki Website


Dalam kegiatan tersebut, hadir dari perwakilan desa, radio komunitas, blogger, dan fasilitator PNPM. Nurhendra, Ketua Komisi Informasi Kabupaten Cirebon yang menjadi narasumber, mengaku sangat kaget dan bangga dengan perkembangan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Desa yang ada di Majalengka. “Padahal masih banyak instansi pemerintahan yang belum memiliki website, tapi desa di Majalengka sudah melakukan gebrakan yang cukup bagus,” ujar Nurhendra.

Saat ini, keberadaan website desa sudah sangat dirasakan manfaatnya, banyak masyarakat di luar desa yang tertarik untuk berkunjung ke desa setelah melihat informasi yang ada di website. Kondisi inilah yang mejadikan website desa sudah banyak dilirik oleh pemerintahan desa lainnya untuk dikembangkan.

“Kami bekerjasama dengan Gerakan Desa Membangun mencoba membantu desa-desa yang ada di Majalengka untuk lebih berkembang melalui website. Semua yang kita fasilitasi gratis, asal ada kesiapan dan kemauan untuk mengelolanya,” kata Mubarok Hasanuddin Direktur Pengembangan IT di Jingga Media yang menjadi perintis Gerakan Desa Membangun Majalengka.

Sementara itu, Erik Kurniawan, dari Indonesian Parliamentary Center mengatakan, selain sebagai sarana informasi desa, kategorisasi isi website desa ini perlu disesuaikan dengan UU KIP. “Di UU KIP, ada empat jenis informasi, yaitu informasi yang wajib diumumkan secara berkala, tersedia setiap saat, dan serta merta,” Secara sederhana, jika mengacu pada UU KIP, menurut Erik, website desa perlu mencatumkan profil desa, informasi kegiatan/program, jenis-jenis pelayanan, dan laporan keuangan. [kebebasaninformasi.org]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jangan Kaget, Seragam Satpam Akan Mirip Polisi, Ini Kata APSI https://t.co/F1GyXYlvXj
Pandemi Covid-19, Ratusan Mahasiswa STIESA Subang Diwisuda Secara Terpisah https://t.co/3FKU5woMEV
Gadis Ini Tak Sengaja Temukan Almarhum Ibunya di Google Maps https://t.co/PYkJninAZ6
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter