FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Hai Mom, Jangan Terlalu Banyak Makan Sosis Saat Hamil, Nanti Begini Akibatnya





SUBANG, TINTAHIJAU.com - Sosis memiliki rasa yang enak selain itu juga mudah diolah jadi berbagai makanan, ahli gizi dari US Academy of Nutrition and Dietetics, Jyoti Benjamin, MS, RD, CSO, FAND, CD, mengatakan ibu hamil sebaiknya membatasi konsumsi sosis demi kebaikan dirinya sendiri maupun bayi.

Alasannya karena tidak semua jenis sosis termasuk aman untuk ibu hamil. Beberapa jenis sosis dikenal mengandung bakteri yang berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin. Apa saja?

1. Meningkatkan risiko berat badan berlebih

Sosis termasuk makanan yang tinggi kalori dan lemak sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih pada ibu hamil. Hal ini bisa menimbulkan masalah selama dan setelah kehamilan.

2. Mempengaruhi perkembangan ginjal janin

Sosis umumnya juga tinggi kandungan garamnya. Sebuah survei di Amerika menunjukkan, banyak produk sosis yang mengandung garam tersembunyi yang sebenarnya tidak diperlukan tubuh.

Perlu dipahami, kadar natrium yang tinggi dapat mempengaruhi perkembangan ginjal janin dan juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu.

BACA JUGA:
10 Makanan yang Disukai Ibu Hamil
Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi? Cek Faktanya Disini
Anak Kecil Tidak Mau Pakai Baju, Coba Cek Alasannya Disini
Ini Pentingnya Orangtua Mendongeng Pada Anak Sebelum Tidur

3. Bisa terinfeksi bakteri listeria

Jenis sosis kering yang telah difermentasi dan siap makan bisa mengandung bakteri listeria monocytogenes yang dapat menyebabkan penyakit listeriosis. Penyakit ini dapat menyebabkan keguguran, penyakit parah, bayi prematur, atau kematian bayi baru lahir.

4. Risiko kena toksoplasmosis

Penyakit toksoplasmosis disebabkan oleh bakteri toxoplasma gondii yang ada di dalam daging mentah atau setengah matang. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan otak atau kebutaan pada bayi, kelahiran prematur, penyakit kuning, dan masalah perkembangan psikologis pada bayi baru lahir.

5. Bakteri salmonella dan E.coli

Sosis segar yang tidak dimasak dengan sempurna bisa jadi pembawa bakteri lain seperti salmonella dan E.coli. Salmonella biasanya menyebabkan diare, muntah, demam, dehidrasi, dan kram perut. Sementara, bakteri E. coli berisiko menyebabkan anemia dan infeksi saluran kemih.

Sumber: Islampos | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Digempur Medsos, Inilah 4 Langkah Media Online Tetap Survive di Era Digital https://t.co/wa1PvNLNSO
Terungkap!, Ternyata Ini yang Jadi Penyebab Pelaku Lakukan Mutilasi Pada Korban di Bekasi https://t.co/Qq6Ree463D
Pelaku Mutilasi di Bekasi Berhasil Ditangkap, Terancam Hukuman Seumur Hidup https://t.co/55Se5N9NkG
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter