FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Anak Kecil Tidak Mau Pakai Baju, Coba Cek Alasannya Disini

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Anda mungkin sering melihat ada anak kecil yang tidak mau pakai baju, hal ini biasa dilakukan oleh anak kecil yang baru tahu bagaimana dia bisa melepas baju sendiri, namun demikian banyak juga anak kecil yang justru tidak mau pakai baju, kenapa mereka melakukan hal itu?

Biasanya anak kecil tidak mau pakai baju ketika ada acara-acara tertentu, nah tindakan mereka di saat moment-moment teretentu apalagi moment yang sangat pentin tentu akan merepotkan.

Dalam keadaan seperti itu, anda harus mengetahu penyebab dan alasan dia tidak mau menggunakan baju agara nada juga tahu bagaimana cara menghentikannya.

Penyebab umum anak tidak mau mengenakan pakaian dan biasanya memilih telanjang dada adalah rasa tidak nyaman dengan pakaian tersebut. Misalnya, dari segi bahan yang membuat gatal dan kepanasan.

BACA JUGA:
Ini Pentingnya Orangtua Mendongeng Pada Anak Sebelum Tidur
Perut Terasa Kencang Saat Hamil? Kenali Penyebabnya
Catat Mom, Kenali 5 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil

“Biasanya karena tidak nyaman dengan pakaian yang digunakan. Bisa jadi bahannya gatal, tidak menyerap keringat, atau tidak suka dengan model yang dipilihkan ibu atau pengasuh,” ungkap dr. Devia Irine Putri.

Senada dengan dr. Devia, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mengatakan anak-anak sensitif terhadap bahan-bahan tertentu.

“Misalnya yang berbulu atau agak kasar dan tebal. Bisa jadi anak ini sensorik sensitif banget. Oleh karena itu, ketika ia pakai pakaian yang mungkin agak kasar atau berbulu, langsung tidak nyaman dan menolak memakainya,” jelas psikolog Ikhsan.

Dari sisi psikologi, penyebab anak tidak mau memakai baju bisa jadi karena si kecil sedang mengembangkan kemandiriannya.

“Kalau memang sampai semua pakaian ia tolak, bisa jadi anak lagi berkembang kemandiriannya. Karena, ia tidak suka dengan pakaian yang dipilih orang tuanya. Bisa jadi anak memang ingin pakai pilihannya sendiri,” jelas psikolog Ikhsan.

Selain Itu.....

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Nama Ayus, Nisa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Sempat 0 Penambahan, Kasus Covid-19 di Subang Melesat Lagi https://t.co/wNXmHWJCVE
Nama Ayus, Nissa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter