FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ini Pentingnya Orangtua Mendongeng Pada Anak Sebelum Tidur

Indeks Artikel


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Entah karena kesibukan orang tua atau memang budaya yang telah berubah, untuk saat ini sepertinya dudah jarang orang tua yang membacakan dongen kepada anaknya sebelum tidur.

Alih-alih membacakan dongeng atau menceritakan dongeng kepada anaknya, kebanyakan orang tua saat ini lebih memilih memberikan gadget pada anaknya sebelum mereka tidur. Padahal membacakan dongeng kepada anak adalah salah satu warisan budaya leluhur yang seharusnya masih diberikan.

Memberikan dongeng kepada anak ternyata tidak hanya diberikan ketika anak sudah lahir, sebenarnya orang tua bisa juga memberikan dongeng kepada anaknya saat anak masih berada dalam kandungan,lalu orang tua bisa terus melakukan hal ini setelah anaknya sudah lahir.

BACA JUGA: Catat Mom, Kenali 5 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil

Mungkin memang anak belum memahami kata-kata Mama, tapi mendengar suara Mama menjadi langkah pertama untuk si Anak merangsang kemampuan mendengar dan mengenal suara. Jika sudah jadi kebiasaan, pengetahuan si Anak juga pasti akan bertambah.

Berikut adalah manfaat orang tua mendongeng untuk anak:

1. Menambah Kosakata

Dengan seringnya Mama membacakan dongeng, secara tak sadar si Anak akan mengingat berbagai kosakata dan tentunya si Anak mudah mempelajari bahasa.

Di usia dua sampai tiga tahun anak memang sudah memahami banyak kosakata dan memahami kalimat-kalimat sederhana.

Tentunya seiring berjalannya waktu, si Anak akan mengerti tentang percakapan sehari-hari yang lebih kompleks. Maka itu, dongeng bisa membantunya meningkatkan kosakata.

2. Merangsang imajinasi anak

Imajinasi anak adalah hal yang kuat dan unik. Imajinasi adalah faktor kunci dalam pemikiran kreatif mereka dan dapat menentukan jenis pendidikan, karier, dan kehidupan yang mereka miliki.

Dengan imajinasi ini, muncul literasi budaya dan dongeng memiliki kemampuan mencakup berbagai budaya untuk mengajarkan sesuatu.

Mereka mengajarkan anak tentang perbedaan budaya di dunia luar yang sebelumnya tidak pernah mereka alami. Rasa ingin tahu itu mendorong anak untuk mempelajari hal-hal baru.

Oleh karena itu, membacakan dongeng pada anak cerita menstimulasi daya imajinasinya. Semakin pikiran mereka terstimulasi dan berimajinasi, semakin mereka menjadi kreatif.

Kreativitas inilah yang berhubungan dengan kecerdasannya. Selain mendongengkan si Anak, mintalah ia untuk mengulang cerita dongeng yang dibacakan agar mengasah daya ingatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

OPINI: Kesetaraan Gender dalam Bingkai Kebersamaan https://t.co/QzsJfd1Ra9
Gaduh Video Tendangan, PT Taekwang Temui ke Pemkab Subang https://t.co/nyECsUqXkf
Setahun Covid-19, Gubernur Jabar Ajak Masyarakat Harus Move On https://t.co/Ac6fQj7hTj
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter