FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Perut Terasa Kencang Saat Hamil? Kenali Penyebabnya

Indeks Artikel

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Saat hamil memang ada berbagai macam kondisi yang dirasakan, terlebih ketika itu merupakan kehamilan pertama sehingga anda mungkin belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya.

Kehamilan memang akan menyebabkan perut mengalami hal-hal yang tidak biasa, seperti perut yang tiba=tiba kencang dan tegang, jangan panik dulu ya sebelum anda mengetahui penyebabnya.

Karena memang setiap periode kehamilan, kondisi perut akan mengalami hal-hal yang berbeda seiring dengan umur kehamilan tersebut, karena perut yang tiba-tiba kencang juga mungkin harus diperiksa oleh dokter.

BACA JUGA:
Catat Mom, Kenali 5 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil
Ini Sederet Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil
Inilah yang Akan Dialami Pada Tubuh Wanita Dalam 24 Jam Pertama Sehabis Melahirkan


Dikutip dari laman popmama.com, berikut ini adalah penyebab perut kencang saat hamil dan cara mengatasinya.

1. Perut terasa lebih kecang

Dilansir Parenting First Cry, perut dikatakan terasa kencang saat hamil apabila teraba kaku dan seringkali terasa lebih tegang dari biasanya. Kondisi ini bisa membuat Mama tidak nyaman, bahkan tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Meski dianggap bukan sesuatu yang berbahaya, namun perut kencang juga bisa sampai menimbulkan nyeri. Terutama karena Mama tidak bisa mencari posisi nyaman, saat duduk, berdiri, maupun berbaring.

Di kehamilan trimester kedua, perut yang kencang juga bisa sampai menimbulkan nyeri tajam. Nah, apabila kondisi ini terjadi dalam waktu yang cukup sering di kehamilan trimester ketiga, bisa berarti waktunya persalinan sudah semakin dekat.

2. Tanda perut terasa kencang tiap trimester

Seperti disebutkan sebelumnya, perut kencang bisa terjadi pada trimester berapa pun. Mulai dari trimester pertama hingga ketiga.

Pada trimester pertama, perut yang terasa kencang bisa terjadi karena beberapa hal. Di antaranya proses tumbuh kembang janin yang sedang pesat, konstipasi atau kembung, serta gejala keguguran.

Di periode waktu tersebut, rahim sedang bekerja keras memberi ruang pada janin yang sedang bertumbuh. Kondisi ini pun kadang menyebabkan rasa nyeri dan kencang pada perut Mama.

Apabila rasa kencang berlangsung cukup lama, kemudian disertai dengan adanya kram di punggung bagian bawah dan bercak darah cukup banyak, waspadai ini menjadi tanda dari keguguran. Biasanya kondisi ini rentan terjadi pada usia persalinan di bawah 20 minggu.

Sementara itu, di trimester kedua perut mungkin akan teraba kencang akibat pertumbuhan rahim yang semakin besar seiring dengan pertumbuhan janin. Rasa kencang juga lebih mungkin terjadi saat Mama berdiri terlalu lama atau kelelahan.

Waspadai juga perut kencang yang terjadi di trimester ketiga, Ma. Umumnya disebabkan oleh membesarnya rahim sehingga organ-organ internal mengalami penegangan. Ketika perut terasa kencang terasa teratur dan dalam jangka waktu lama, mungkin saja ini menjadi tanda persalinan.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Nama Ayus, Nisa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Sempat 0 Penambahan, Kasus Covid-19 di Subang Melesat Lagi https://t.co/wNXmHWJCVE
Nama Ayus, Nissa Sabyan dan Dayana 'Terseret' Pada Demo TPA di Subang https://t.co/PSAXPX2Y9b
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter