FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bentuklah Kemandirian Anak dengan Cara Ini

Indeks Artikel


Faktor pentingnya dalam tumbuh kembang pada anak salah satunya adalah kemandirian. Kemandirian merupakan kemampuan untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berfikir dan bertindak, dan tidak akan tergantung dengan orang lain secara emosional, dalam artian anak yang mandiri tidak akan tergantung pada bantuan orang lain.

Kemandirian ialah suatu kemampuan yang dimiliki anak untuk melakukan segala sesuatu secara mandiri.Dengan memiliki kemampuan yang tinggi, anak akan lebih leluasa bergerak kesana kemari untuk mempelajari dan berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya.

BACA JUGA:
Normalkah Jika Janin Lebih Aktif Bergerak di Malam Hari?
Ajarkan Anak Menyukai Literasi Sejak Dini Melalui Mendongeng
Inilah Cara Mendidik Anak Agar Berani Menyampaikan Pendapat

Menurut Hasan Basri dalam bukunya yang berjudul Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya, Faktor-Faktor yang dapat mempengaruhi pembentukkan kemandirian anak ialah:

1 Faktor Internal

Faktor Internal yaitu segala sesuatu yang bersumber dalam diri anak itu sendiri. Faktor internal terdiri dari : faktor peran jenis kelamin, secara fisik anak laki-laki dan wanita akan berbeda dalam kemandiriannya. Faktor kecerdasan atau intelegensi, yaitu anak yang memiliki intelegensi yang tinggi akan lebih cepat menampung sesuatu hal. Kemudian faktor kemandirian, inilah dampak yang positif bagi perkembangan si anak. Oleh karena itu, orang tua harus mengajarkan kemandirian sedini mungkin sesuai dengan kemampuan perkembangan si anak.

2 Faktor Eksternal

Faktor Eksternal yaitu pengaruh yang datang dari luar. Terdiri dari faktor pola asuh, untuk bisa mandiri seseorang membutuhkan kesempatan, dukungan dari orang-orang sekitarnya. Kemudian faktor sosial budaya yaitu merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan si anak, terutama dalam kebiasaan-kebiasaan hidupnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Miliki Kantor Baru, Pemdes Sukamandi Berambisi Optimalkan Potensi Wisata https://t.co/EoIpWJPRFA
Libur Panjang, Polisi di Majalengka Gencar Sosialisasi Prokes di Objek Wisata https://t.co/PKcilOrWEM
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna Rawalele Donor Darah https://t.co/60jkMmdmQZ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter