FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Yang Harus Diperhatikan Saat Memandikan Bayi Baru Lahir



Sebagai orang tua baru, mungkin Anda sempat gugup saat pertama kali memandikan bayi yang baru lahir. Tubuh bayi yang lemah tentu membuat Anda harus berhati-hati saat menyentuhnya, ditambah lagi beberapa aspek kebersihan yang harus Anda perhatikan.

Namun, ketika Anda sudah terbiasa, memandikan bayi bisa sangat menyenangkan, baik bagi Anda maupun si kecil. Kegiatan ini dapat menjadi sarana bonding antara ibu dan bayi melalui interaksi dan komunikasi yang terjalin. Akan tetapi, jangan lupa memastikan prosedur kebersihannya. Artikel ini membahas langkah-langkah dalam memandikan bayi dari sudut pandang higienitas.

BACA JUGA:
Awas! Pakaikan Masker Pada Anak Usia Dibawah 2 Tahun Justru Malah Bahaya
Inilah Cara Mendidik Anak Agar Berani Menyampaikan Pendapat
Begini Cara Mengukur Suhu Tubuh Anak Agar Hasilnya Lebih Akurat
Kenali Frekuensi BAB Si Kecil, Bisa Jadi Pertanda Diare

Sebelum menuju poin utama, perlu diperhatikan bahwa bayi perlu diberi produk mandi yang cocok dengan kulitnya, yaitu sabun dan sampo yang ramah kulit bayi, dan handuk lembut.

Mandi spons atau seka

Di minggu-minggu awal, bayi mungkin masih perlu mandi spons alias badannya diseka-seka saja, karena bekas tali pusatnya belum kering maksimal. Mandi spons memungkinkan bayi untuk merasa nyaman tanpa harus menerima guyuran air berlebihan.

Langkah utama untuk mandi spons

- Gunakan air hangat-hangat kuku dalam ember kecil.
-  Anda dapat meletakkan bayi di tempat tidur dengan handuk yang dibentangkan di bawahnya, atau Anda juga dapat duduk selonjor dengan memangku bayi. Gunakan handuk sebelum meletakkan bayi di pangkuan Anda. Ingatlah untuk menyesuaikan kecepatan kipas sesuai kebutuhan. Matikan AC.
- Mulailah dengan wajah: Ambil waslap, basahi mata, telinga, hidung, dan mulut.  
- Cuci kepala: Ambil beberapa tetes sampo bayi dan gosok di tangan Anda menggunakan sedikit air.  Oleskan dengan hati-hati di kepala bayi dan pijat dengan lembut di permukaan rambut. Pastikan kepala dan tulang belakang bayi disangga dengan baik dan sejajar.
- Bilas dengan air, keringkan kepala dan tubuhnya dengan baik.
- Oleskan minyak telon kemudian bedak bayi dengan hati-hati di tubuh bayi, hindari taburan di bagian wajah. Pakaikan popok dan pakaiannya. Jangan mengubah suhu kamar segera setelah proses.

Mandi di bak air

Setelah tali pusat bayi terlepas, Anda dapat beralih ke bak mandi dan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini.
- Isi bak mandi dengan air hangat suam kuku.
- Tempatkan bayi dengan lembut di bak mandi dan pastikan ia memiliki dukungan yang tepat di bagian punggung punggung dan kepala. Anda juga dapat menambahkan mainan silikon untuk mengalihkan perhatian bayi dari rasa takut.
- Bersihkan tubuh dan kepala bayi menggunakan sabun dan sampo bayi. Pastikan bayi bersenang-senang dan memiliki dukungan yang tepat untuk menikmati pengalaman itu.
- Setelah mandi selesai, tepuk-tepuk bayi. Oleskan minyak telon dan taburkan bedak mengikuti instruksi yang sama seperti yang disebutkan di atas.
- Pakaikan baju dan popok bayi.

Sumber: AyahBunda | Foto: Ilustrasi

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ketua Satgas Corona: Carrier Jauh Lebih Berbahaya Daripada Corona https://t.co/wM8EzFOQv0
Acha Septiasa Sempat Dikarantina 2 Kali, Ini Kisahnya https://t.co/Y3z0G4rzyD
Teknologi Biometrik Buatan Anak Bangsa Ini Tembus 25 Besar Terbaik Dunia https://t.co/D0Jm0hbcEc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter