FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Benarkah Bentuk dan Ukuran Payudara Berubah Karena Menyusui?



Ketika hamil, Anda dapat merasakan perubahan yang terjadi pada payudara. Yakni buah dada jadi terasa lebih penuh dan besar. Ini terjadi karena adanya peningkatan hormon yang menyebabkan jaringan lemak di payudara serta aliran darah ke daerah tersebut ikut meningkat.

Hal ini bertujuan mempersiapkan payudara untuk bisa memproduksi ASI. Lalu ketika proses menyusui tiba, apa juga berubah ukurannya? Jawabnya benar, Moms. Alias sejak masa Anda hamil sampai menyusui, bentuk serta ukuran payudara perempuan bisa berubah-ubah.

Dilansir What to Expect, payudara pun memiliki kemungkinan untuk kembali ke ukuran semula setelah Anda menyapih si kecil. Walau begitu hal ini tidak berlaku secara mutlak, sebab beberapa perempuan mengaku payudaranya tetap saja besar, lebih kecil dari sebelum hamil, dan lainnya mengalami bentuk yang kendur.

BACA JUGA:
Inilah 5 New Normal yang Dihadapi Anak
Cara Mendamaikan Si Kecil yang Sering Berantem dengan Saudaranya
Cara Pas Ajarkan Anak Menghapal Al-Quran
Hati-hati Saat Menghukum Anak, Jangan Sampai Ganggu Dampak Psikologisnya


Ini terjadi karena saat menyusui, aliran air susu dapat membuat kulit serta jaringan pada payudara meregang. Lalu setelah masa menyusui dan karena sudah tak ada lagi aliran susu, maka payudara mengalami penyusutan dan tampak mengendur.

Meski begitu, sebuah studi mengungkap bahwa sebanyak 73 persen perempuan merasakan perbedaan pada payudaranya setelah melahirkan. Sebagian besar mengatakan ukuran payudaranya lebih besar, namun tidak ada kaitannya dengan menyusui.

Berbeda dengan studi tersebut, penelitian lain menemukan bahwa ada peluang payudara menjadi lebih kendur setiap kali hamil. Tapi sekali lagi, ternyata perubahan ini tidak dipengaruhi oleh aktivitas menyusui.

Ini artinya, hindari menolak untuk menyusui si kecil hanya karena takut payudara jadi berubah dan kendur, Moms. Lebih lanjut, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), faktor usia, gravitasi, penuaan, kebiasaan merokok, kenaikan berat badan dan berbagai faktor lainnya turut menjadi penyebab payudara kendur.

Ya, secara alami payudara perempuan akan mengendur, terlepas ia menyusui atau tidak. Kebiasaan Anda di bawah ini bisa meminimalisir payudara agar tidak kendur.

Di antaranya: mengkonsumsi makanan sehat, olahraga yang mendukung otot payudara seperti push up, menjaga berat badan tetap stabil, hindari kebiasaan merokok, dan melepaskan bra ketika sedang bersantai di rumah.

Sumber: Kumparan | Foto: Ilustrasi Ibu Menyusui/Thinkstock

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Inilah Cara Mendidik Anak Agar Berani Menyampaikan Pendapat https://t.co/U350nxjhVW
Catat! Inilah Tips Aman Saat Main TikTok https://t.co/10EaEpXGiH
Pasien Covid-19 di Karawang Tambah 5 Orang https://t.co/AewFy3IRTb
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter