FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ajari Anak Mengenal Emosi Melalui Boneka



Boneka atau action figure kesukaan anak, biasanya selalu dimainkan. Mereka bahkan membawanya ke atas ranjang dan menaruhnya di atas bantal dan tidur bersama. Anak balita sangat suka memperlakukan boneka kesayangannya seperti makhluk hidup.

Menggantikannya pakaian, diajak bicara, dipeluk, digendong dan masih banyak lagi. Perlakuan anak pada bonekanya, seperti perlakuan yang mereka dapatkan dari orangtua dan orang-orang sekelilingnya.

BACA JUGA: Kenali 4 Hal yang Dapat Menghentikan Kreatifitas Anak

"Bermain boneka memiliki efek yang sangat baik bagi perkembangan emosi dan psikologi anak. Bukan hanya anak perempuan tapi juga anak laki-laki. Tidak heran jika terapis anak sering menggunakan boneka ketika menganalis kondisi anak," kata Stephanie Brown, pakar pengasuhan anak.

Bangkitkan Imajinasi

Duduk dan saksikan anak ketika bermain boneka. Ia akan membuat situasi berdasarkan imajinasinya, menunjukkan empati hingga mengimitasi perlakuan orang di sekelilingnya.

"Anak seperti mempraktikkan apa yang dilihatnya sehari-hari saat bermain boneka. Ini bukti bahwa anak belajar banyak hal," kata Brown.

Dalam memilih boneka, Brown menyarankan untuk menghindari boneka yang tidak memiliki baterai. Biasanya mainan jenis ini mengeluarkan suara dan musik. Lebih baik pilih boneka kain berbahan lembut.

Ajarkan Keterampilan Hidup

"Biarkan anak berkreasi sendiri dengan boneka lembut di hadapannya. Bisa juga memberikan boneka jari dengan berbagai karakter untuk mendongeng dan biarkan anak membuat cerita sendiri," ungkap Brown dikutip dari VeryWell.

BACA JUGA: Ortu Harus Tahu, Kenapa Anak Susah Belajar

Boneka lain yang sangat baik adalah yang mengajarkan keterampilan sehari-hari. Seperti mengancingkan baju, mengikat tali sepatu, membuka resleting atau yang aksesorinya bisa diganti.

Bisa juga boneka binatang. Anak bisa sekaligus belajar beragam binatang, mulai dari bentuk, warna, suara hingga makanan dan habitatnya.

Sering Main di Luar Rumah, Bikin Emosi Si Kecil Lebih Sehat

Banyak orangtua yang khawatir jika anak-anaknya bermain di luar rumah. Takut anak terjatuh, terpapar bakteri atau mungkin diganggu orang jahat.

Penting diketahui kalau anak di bawah usia 10 tahun sangat membutuhkan aktivitas fisik di luar rumah. Bisa dengan bermain sepeda, lari-larian, main bola atau sekadar bermain di taman.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar anak-anak main di luar rumah atau di taman minimal satu jam sehari.

Main di luar sangat penting untuk kesehatan fisik dan emosional anak. Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan si kecil jika main di luar rumah setiap hari.

Apa saja?

Menumbuhkan Gaya Hidup Aktif

Kebiasaan yang dipelajari di masa kanak-kanak seringkali adalah kebiasaan yang dibawa sampai dewasa. Anak aktif lebih mungkin menjadi orang dewasa aktif. Jadi mulailah sejak dini. Biasakan anak untuk selalu aktif secara fisik. Hal ini akan sangat berdampak pada kesehatan fisiknya kelak dan juga emosinya.

BACA JUGA: [OPINI] Ketika Anak Jadi Gadget Maniak

Membangun Koordinasi Tangan dan Mata

Bermain di luar juga membantu anak-anak menyempurnakan gerakan kecil yang membantu tugas-tugas seperti menulis, menggambar, berolahraga, dan banyak lagi. Kemampuan motorik halus akan sangat terbantu jika anak banyak melakukan aktivitas fisik dan bermain di luar.

Memberikan Efek Menenangkan

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa paparan terhadap alam dan suasana di luar rumah bisa menurunkan stres dan meningkatkan kestabilan emosional pada anak-anak dan orang dewasa. Aktivitas sehari-hari dapat menjadi stres bagi anak dan waktu yang dihabiskan di luar rumah dapat membantu memberikan keseimbangan.

Mendorong Imajinasi

Tidak seperti video game atau televisi, di mana ceritanya didiktekan kepada seorang anak, dengan permainan di luar ruangan, anak justru membuatnya sendiri. Anak-anak tidak perlu akan bermain sendiri dengan apa yang ada di hadapannya. Bebatuan, ranting, daun kering atau barang lainnya. Hal ini akan sangat memicu imajinasinya.

Sumber: Dream.co.id | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Berhubungan Intim Ternyata Bisa Sembuhkan Beberapa Penyakit Ini https://t.co/hxCe84oiRu
KITA Cirebon Dekalarasi di TPA Kopi Luhur Bersama Pemulung https://t.co/hi4twvotnY
Tok! DPRD Subang Sahkan APBD Perubahan 2020 https://t.co/GWuwEQfM1Y
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter