FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Benarkah Bercinta Saat Menstruasi Tidak Bikin Hamil?



Banyak pasangan yang menganggap bahwa berhubungan seks saat menstruasi tidak bisa menyebabkan hamil. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Berhubungan seks saat menstruasi nyatanya tetap memiliki peluang terjadinya kehamilan. Kok bisa?

Ya, Moms, secara medis, seks saat menstruasi juga memiliki risiko untuk hamil. Walau kecil, namun tetap ada kemungkinan Anda untuk hamil. Terlebih jika Anda berhubungan seks tanpa pengaman atau alat kontrasepsi, sehingga sperma tetap bisa masuk ke dalam vagina.

Pada laman UNICEF dijelaskan, sperma yang sudah masuk ini dapat bertahan pada vagina selama tujuh hari dan sel telur bisa bertahan selama tiga hari. Jika periode menstruasi seorang wanita tidak benar-benar teratur, maka bisa saja terjadi salah perhitungan, sehingga kehamilan tetap mungkin saja terjadi, Moms.

BACA JUGA: Agar Pria Bisa Bercinta Tahan Lama, Ikuti 7 Tips Ini

Mengutip American Pregnancy, risiko terjadinya kehamilan semakin meningkat bila Anda termasuk perempuan yang siklus menstruasinya singkat, misalnya hanya 21 atau 24 hari. Ini berarti Anda mengalami ovulasi lebih awal dalam siklus tersebut. Sperma dapat hidup di dalam diri Anda selama 2-5 hari.

Selain masih ada peluang risiko untuk hamil, berhubungan seks saat menstruasi juga berisiko terhadap kesehatan. Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit menular seksual dibandingkan melakukan hubungan seks di luar masa menstruasi, Moms. Hal ini karena, pada masa menstruasi, kondisi leher rahim Anda terbuka, sehingga memungkinkan darah untuk masuk ke dalamnya. Hal tersebut memudahkan bakteri menuju rongga panggul.

Berhubungan seks saat menstruasi juga meningkatkan risiko mengalami sejumlah penyakit, seperti infeksi jamur vagina, infeksi saluran kemih, dan yang paling berbahaya adalah penularan sejumlah penyakit menular seksual seperti HIV dan hepatitis B, Moms. Hal ini dikarenakan virus-virus tersebut hidup dalam darah dan menyebar melalui kontak dengan darah menstruasi yang terinfeksi.

Jadi, sebaiknya tunda dulu berhubungan seks saat menstruasi ya, Moms.

Sumber" Kumparan | Foto: Shutterstock

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Inilah Cara Mendidik Anak Agar Berani Menyampaikan Pendapat https://t.co/U350nxjhVW
Catat! Inilah Tips Aman Saat Main TikTok https://t.co/10EaEpXGiH
Pasien Covid-19 di Karawang Tambah 5 Orang https://t.co/AewFy3IRTb
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter