5 Menu MPASI Kaya Nutrisi untuk Si Kecil



MPASI adalah asupan penting untuk dukung perkembangan si Kecil. Seperti yang dilansir dari idai.co.id, pemberian ASI saja pada anak usia 6 bulan ke atas belum lah cukup. Oleh karena itu, Mama bisa mulai lengkapi nutrisi si Kecil dengan memberikan MPASI yang kaya nutrisi.

Untuk bantu Mama penuh asupan gizinya, berikut ini 5 rekomendasi MPASI yang baik untuk si Kecil. Menu-menu ini juga bisa Mama mix dengan protein hewani seperti daging sapi atau daging ikan lho. Dicatat yuk Ma!

BACA JUGA: Manfaat Tak Terduga dari Sentuhan Ibu Bagi Anak
 
1. Brokoli tumbuk

Dilansir dari parents.com, brokoli tergolong sebagai superfood berkat nutrisi yang dikandung cukup lengkap. Salah satunya adalah zat besi yang sangat dibutuhkan oleh si Kecil. Lebih lanjut, brokoli juga mengandung Vitamin C yang membuat penyerapan zat besi semakin optimal. Nah, cara terbaik untuk mengolah brokoli adalah dengan dikukus lalu ditumbuk. Dengan demikian kandungan nutrisinya masih terjaga dengan baik.

2. Puree wortel

Wortel mengandung serat, antioksidan, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dilansir dari healthline.com, wortel mengandung Vitamin A yang dibutuhkan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, dilansir dari smababy.co.uk, si Kecil bisa lebih mudah menerima wortel berkat rasa manis alaminya.

3. Sereal bayi

Selain brokoli tumbuk dan puree wortel, sereal bayi juga merupakan makanan lembut kaya nutrisi yang bisa Mama berikan kepada si Kecil. Salah satu sereal kaya nutrisi yang bisa Mama berikan si Kecil adalah CERELAC. Kenapa?

Sebab, CERELAC adalah MPASI dengan kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh bayi di atas usia enam bulan. Selain itu, bubur bayi CERELAC juga mengandung 11 vitamin dan 5 mineral lainnya, sehingga kombinasi antara ASI dan MPASI CERELAC membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

BACA JUGA: Resep: Nugget Ayam Rumahan untuk Bekal Anak Sekolah

Ada satu hal lagi yang perlu Mama ketahui. Sereal bayi seperti CERELAC ini juga jadi media yang tepat untuk memperkenalkan makanan padat ke bayi lho. Maka dari itu, yuk mulai lengkapi asupan si Kecil dengan CERELAC! Untuk informasi lebih lanjut tentang CERELAC, seperti pilihan rasa, promo, dan resep menarik, Mama bisa klik di sini. Eits, jangan lupa ikuti juga hashtag #CERELACMamamYuk dan #TenangAjaBunda di media sosial untuk temukan inspirasi MPASI bagi si Kecil.

4. Alpukat

Pemberian alpukat sebagai MPASI juga baik karena buah lembut ini kaya asam lemak, folat, serat, Vitamin C, dan protein yang baik untuk perkembangan si Kecil. Hanya saja, ada yang perlu Mama perhatikan nih. Pemberian alpukat sebagai MPASI harus dalam tekstur dan takaran yang tepat.

Sesuai rekomendasi dari IDAI, alpukat lebih baik dihaluskan terlebih dahulu. Baik itu di-puree atau ditumbuk. Buat teksturnya hingga menjadi encer agar perut si Kecil dapat lebih mudah mencernanya. BAB si Kecil pun akan semakin mudah karena teksturnya yang sudah lunak terlebih dahulu.
 
5. Labu kuning rebus

Labu kuning adalah salah satu sayuran yang direkomendasikan oleh FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian PBB). Rekomendasi ini bukan tanpa sebab, karena labu kuning memiliki nutrisi yang cukup kaya. Di antaranya seperti kalium yang bantu jaga metabolisme, Vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh, zat besi yang bantu pembentukan darah, dan juga Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata si Kecil. Jangan lupa untuk dihaluskan terlebih dahulu sebelum diberikan ke si Kecil ya, Ma.

Itu dia 5 rekomendasi MPASI yang baik untuk si Kecil. Dengan tingginya manfaat yang dikandung oleh kelima MPASI di atas, maka layak masuk ke dalam daftar menu harian si Kecil nih! Kira-kira, MPASI apa saja yang sudah Mama berikan?

Sumber: PopMama | FotoL Shuterstock

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Friendly Match, Timnas Pelajar U-18 Vs Kesebelasan Subang https://t.co/UNS3Hx9yCl
Kurangi Kantong Plastik, Kader Muda Golkar Deni Rahayu Bagi-bagi Boboko https://t.co/uGMLTPML6P
UNESCO: Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia https://t.co/Jxngb7SR8e
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page