FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Amankah Ibu Menyusui Jika Sering Minum Es Kopi Kekinian?



Es kopi susu kekinian sekarang merajalela di kota-kota. Rasanya seperti kebutuhan sehari-hari. Namun, bagi ibu menyusui, apakan minum es kopi susu aman?

Menurut Wendy Sue Swanson, M.D., sebenarnya aman untuk mengonsumsi kafein dari segala jenis minuman saat menyusui. Kata Swanson, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa jumlah kafein yang akan masuk ke dalam air susu ibu (ASI) kurang dari satu persen.

Ya, satu studi pada 15 wanita menyusui menemukan bahwa mereka yang minum minuman mengandung 36-335 mg kafein menunjukkan 0,06-1,5% dari dosis ibu dalam ASI mereka.

BACA JUGA: Kenali Mitos dan Fakta Terkait Menyusui

Meskipun jumlah ini mungkin tampak kecil, bayi tidak dapat memproses kafein secepat orang dewasa. Saat Bunda mengonsumsi kafein, kafein diserap dari usus ke aliran darah. Hati kemudian memprosesnya dan memecahnya menjadi senyawa yang mempengaruhi berbagai organ dan fungsi tubuh.

"Pada orang dewasa yang sehat, kafein tetap berada di dalam tubuh selama tiga hingga tujuh jam. Namun, bayi dapat bertahan selama 65-130 jam, karena hati dan ginjal mereka belum berkembang sepenuhnya," demikian ditulis di Healthline.

Jadi perlu diperhatikan nih jumlah kopi yang dikonsumsi. Berapa cangkir kopi yang boleh? American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan tidak lebih dari tiga cangkir setiap hari. Sementara menurut beberapa dokter lainnya yang pernah ditemui HaiBunda, minum kopi boleh asal tidak lebih dari dua cangkir tiap hari.

"Sebagian besar ahli sepakat bahwa Anda harus membatasi asupan kafein hingga 300 miligram setiap hari," kata dokter anak dan anggota komite AAP itu dikutip dari Baby Center.

BACA JUGA: Makanan Ini Bisa Menambah ASI untuk Ibu Menyusui

Soal es kopi susu, justru Swanson bilang lebih baik ibu menyusui memilih minuman kopi seperti es kopi susu atau latte karena memiliki lebih sedikit kafein dari kopi yang diseduh biasa.

Namun, kembali lagi, Bunda perlu melihat reaksinya pada bayi. Jika bayi merasa gelisah atau rewel, lebih baik tunda dulu minum kopinya. Siapa tahu itu reaksi dari kafein.

Sumber: HaiBunda | Foto: Es Kopi kekinian (iStock)

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Astronom Temukan Lubang Hitam Rakus yang Bisa Melahap Matahari https://t.co/8hHEGnjrFV
Mangrove Gegara Menyan Jadi Wisata Andalan di Subang Pantura https://t.co/F0XK8jhkYz
Ingin Kuat Gowes? Konsumsi 5 Makanan Ini https://t.co/CydNevcZTk
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter