FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Manfaat Tak Terduga dari Sentuhan Ibu Bagi Anak



Menjadi ibu sekaligus wanita karier memang tidak mudah, apalagi bagi seorang new mom (ibu baru). Beres masa cuti melahirkan, mau tak mau ibu harus kembali kepada rutinitas kantornya.

Tak jarang urusan pekerjaan membuat ibu jauh dari anaknya. Padahal, peneliti dari University of Virginia Samantha Tornello mengatakan, satu tahun pertama kehidupan anak merupakan momen tepat untuk memperkuat ikatan batin antara ibu dan anak (bonding).

Ikatan itulah yang nantinya akan menjadi penentu hubungan ibu dengan anak dan anak dengan sekitarnya di masa depan. Adapun cara meningkatkan bonding antara ibu dan anak adalah melalui aktivitas yang melibatkan kontak fisik, seperti sentuhan.

BACA JUGA: Bangun Kedekatan Ibu dan Anak Dengan Cara Ini

Sentuhan sendiri punya segudang manfaat. Tak sedikit riset yang membuktikan hal ini. Salah satunya, penelitian Jens Brauer, Annett Schirmer, dan rekannya yang dimuat dalam jurnal Cerebral Cortex. Menurut studi tersebut, seseorang yang sering mendapat sentuhan ibu sejak kecil cenderung memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi dan lebih mudah bergaul ketika dewasa.

Aktivitas yang melibatkan sentuhan Agar ikatan Anda dengan anak semakin kuat, beberapa aktivitas yang melibatkan sentuhan berikut ini bisa Anda lakukan.

Pertama, menyusui. Kegiatan ini merupakan cara paling ideal untuk menciptakan bonding antara ibu dan bayi karena terjadi kontak langsung antara kulit ke kulit (skin to skin). Penelitian yang pernah juga dimuat oleh HelloSehat ini menemukan, hormon oksitosin (hormon kasih sayang) yang diproduksi ibu ketika menyusui dapat menguatkan ikatan antara ibu-anak.

Kedua, melakukan aktivitas menyenangkan bersama si kecil selepas pulang kerja. Siap mandi dan makanan malam, sisakan waktu barang sebentar untuk mengajak si kecil bermain atau aktivitas apapun yang melibatkan sentuhan. Contoh, membacakannya buku sembari memangku tubuhnya. Jangan lupa juga untuk melakukan kontak mata langsung dengannya dan mengajak si kecil berkomunikasi.

BACA JUGA: Peneliti Menemukan Adanya Ikatan Kuat Antara Ibu dan Anak Perempuan

Ketiga, memandikan si kecil. Meski dikejar waktu, jangan sampai Anda melewatkan aktivitas yang satu ini. Pasalnya, saat memandikan anak, keterlibatan kontak fisik (skin to skin connection), kontak mata, dan komunikasi akan terjadi lebih intens. Selain itu, sentuhan Anda ketika memandikan si kecil akan melatih indera perasanya. Pada momen ini bayi akan akan belajar mengenal tekstur berdasarkan sentuhan tersebut.
Pengenalan tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi kecerdasan kognitif si kecil.

Keempat, memberikan pijatan lembut untuk si kecil. Tak sekadar memperkuat ikatan dan menjadikan tubuh rileks, memijat tubuh ternyata memberikan dampak positif luar biasa bagi si kecil. Menilik Kompas.com, pijatan yang dimulai dari ujung kepala hingga ujung kaki dapat memperlancar pembuluh darah si kecil, menstimulasi kelima panca inderanya, dan membuat tidurnya jauh lebih nyenyak, serta cenderung tidak rewel.

Lebih dari itu, jurnal American Psychological Association (2002) menyebutkan, pijatan atau sekadar sentuhan ternyata bisa mengurangi tingkat stres, kecemasan, dan depresi yang berkaitan dengan masalah traumatik.

Sumber: Kompas | Foto: Pexels

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom





Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Inilah 17 Macam Mandi yang Disunahkan Dalam Islam https://t.co/Qkdux3Hmey
Jaga Bahasa Ibu, Wabup Subang: Aktifkan Lagi Rabu Nyunda https://t.co/uR7D6u2nfc
Kejari Subang Berambisi Berpredikat Wilayah Bebas Korupsi https://t.co/BgGku3P4V9
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page