FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Makanan Ini Bisa Menambah ASI untuk Ibu Menyusui

 
Kebutuhan ASI bayi baru lahir dengan bayi berusia satu bulan tentu berbeda. Semakin bertambahnya usia si kecil, maka kebiasaan menyusunya semakin bertambah sering bahkan seakan tidak pernah kenyang. Oleh karena itu, Bunda harus berkejaran untuk memproduksi ASI agar selalu tersedia kapan saja. Berikut 6 bahan makanan untuk menambah produksi ASI bagi ibu menyusui.
 
1/ Daun katuk
Sejak lama daun katuk dipercaya dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Ternyata kandungan steroid dan polifenol di dalamnya dapat meningkatkan kadar prolaktin yang mempercepat dan memperlancar produksi ASI. Daun katuk biasanya dikonsumsi dalam bentuk sayur rebusan dan berkuah.
 
2/ Pepaya
Buah berwarna kekuningan ini cukup mudah didapatkan di pasar maupun supermarket. Pepaya yang mengandung vitamin A, B dan C, asam folat, serta kalium ini dapat membantu memperlancar produksi ASI. Kekurangan kalium pada ibu menyusui mengakibatkan gampang lelah yang akhirnya memengaruhi suasana hati. Padahal Bunda harus menjaga mood tetap positif agar kandungan ASI melimpah. Tinggal dikonsumsi sebagai buah potong yang juga bagus buat mengatasi masalah konstipasi.
 
3/ Oat
Dilansir dari Todaysparent.com, oat mengandung konsentrasi beta-glukan tinggi yang dapat meningkatkan prolaktin sebagai hormon menyusui. Untuk mendapatkan manfaatnya, oat bisa dikonsumsi bersama buah-buahan lain (misalnya stroberi) atau menjadi bahan dasar kue.  
 
4/ Pisang
Kandungan potassium pada pisang dapat menggantikan kalori yang hilang saat Bunda menyusui si kecil. Pisang yang juga mengandung vitamin B6 dan asam folat dapat memberikan nutrisi bagi pembentukan sel darah merah maupun sel darah putih, hingga perkembangan otak pada bayi.
 
5/ Produk dairy
Ibu hamil maupun ibu menyusui membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Kalsium bisa didapat dari konsumsi produk dairy, mulai dari susu, keju, serta yoghurt. Dilansir dari Medicalnewstoday.com, ibu menyusui setidaknya mengonsumsi 3 gelas atau setara 1.000 mg produk berbahan dasar susu tersebut per hari. Selain sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan dari konsumsi jamur dan minyak ikan. Selain itu produk dairy juga baik untuk memperlancar ASI.
 
6/ Air putih
Jangan lupa banyak mengonsumsi air putih untuk agar tubuh terhidrasi dengan baik, terutama di minggu-minggu pertama setelah melahirkan. Jumlah cairan yang cukup akan menambah produksi ASI pada ibu menyusui. Biasakan menyediakan gelas atau botol berisi air putih di sekitar rumah atau tempat beraktivitas sehingga Bunda bisa langsung meminumnya setelah menyusui atau memompa ASI.
 
 
FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAUcom
 

TINTAHIJAU CHANNEL
Banner Kanan 1

Twitter Update

Jarak Kelahiran Terlalu Dekat Punya Dampak Buruk Bagi Anak https://t.co/NVqCdl9kKK
Ekslusive! TPA Panembong Subang Terbakar Hebat https://t.co/duS8OF2zZ8 https://t.co/BLSi65mbWP
UU SDA Disahkan, PKS: Kedaulatan Rakyat Atas Air https://t.co/FOsioBB9Bw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page