FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

6 Aktivitas Wanita Haid yang Tetap Panen Pahala Walaupun Gak Boleh Puasa

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat, yang mana pada bulan Ramadan semua amal ibadah akan dilipat gandakan nilainya di sisi Allah SWT. Gak mengherankan kalau kemudian banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan demi mendapatkan ganjaran yang besar.

Salah satu caranya adalah dengan berpuasa Ramadan. Puasa Ramadan merupakan ibadah wajib yang dapat mendatangkan pahala besar bagi mereka yang ikhlas menjalani ibadah yang satu ini.

BACA: Hukum Berpuasa Bagi Ibu Menyusui dan Hamil

Sebagai seorang wanita, sudah pasti kamu akan mengalami fase menstruasi yang menyebabkan kamu gak bisa berpuasa selama beberapa hari. Kendati demikian, bukan berarti seorang wanita haid gak bisa mendapatkan berkah dan pahala yang melimpah di bulan Ramadan. Sebab, ada beberapa amalan bernilai pahala yang boleh dilakukan oleh wanita yang sedang haid. Lalu apa sajakah itu? Simak ulasan berikut.

1. Memberi takjil bagi orang yang berpuasa
Walaupun sedang haid, kamu tetap bisa mendapatkan pahala seperti orang berpuasa kok. Caranya, kamu cukup memberi makan orang yang berpuasa. Di bulan Ramadan seperti ini, banyak sekali masjid yang mengadakan buka puasa bersama. Gak ada salahnya kamu menjadi donatur. Atau kamu juga bisa mentraktir sahabat atau keluargamu yang sedang berpuasa.

2. Menyimak bacaan Al-Quran
Hal sederhana yang dapat dilakukan oleh wanita haid untuk mendatangkan pahala adalah menyimak bacaan Al-Quran. Seperti penggalan surat Al-A'raf ayat 204 berikut.

    "Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat."

Jadi, kamu tetap bisa mendapatkan pahala yang nilainya setara dengan membaca Al-Quran asalkan kamu mau menyimak dan meresapi bacaan ayat-ayat suci Al-Quran yang kamu dengarkan.


3. Membantu orang lain
Selain memberikan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri, membantu orang lain juga bisa mendatangkan pahala yang nilainya tak terkira. Allah SWT sangat menyukai hambanya yang senantiasa meringankan beban sesamanya, dan Allah pun akan mempermudah segala urusan hambanya yang suka menolong.

4. Perbanyak sedekah
Sedekah merupakan salah satu amalan baik yang mendatangkan pahala jariyah, yaitu pahala yang tidak akan terputus. Gak peduli apakah seorang wanita itu sedang haid, kalau memang dirinya bersedekah, maka wanita itu tetap akan mendapatkan pahala yang terus mengalir. Terlebih sedekah itu dilakukan di bulan Ramadan yang mana di bulan ini semua amal baik akan dilipat gandakan nilainya.

5. Murah senyum
Sejak kecil kamu pasti sudah sering diberi tahu bahwa senyum termasuk salah satu bagian dari ibadah. Hal ini bisa kamu lihat pada hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dzar.

   " Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu"

Maka dari itu, jangan pelit-pelit tersenyum dan menunjukkan muka manis. Asalkan gak diniatkan untuk tebar pesona, InsyaAllah murah senyum dan menunjukkan wajah yang ceria dapat mendatangkan ganjaran yang besar.


6. Perbanyak berdzikir
Berdzikir saat sedang dalam keadaan haid gak akan membuat seorang wanita berdosa. Sebab dzikir merupakan suatu bentuk usaha seorang hamba untuk selalu mengingat Tuhannya. Hal ini tercermin dalam penggalan surat Al-Ahzab ayat 41

    "Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah dengan dzikir yang banyak.”


Jadi, walaupun gak bisa melaksanakan ibadah puasa. Wanita haid tetap dianjurkan untuk banyak-banyak berdzikir dan mengingat Tuhan. Gak boleh berpuasa bukan berarti seorang wanita haid gak bisa beribadah sama sekali. Jadi, supaya kamu tetap mendapatkan banyak berkah di bulan Ramadan ini. Jangan lupa terapkan semua hal di atas dalam kondisi apapun.

 

sumber: idntimes


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1

Twitter Update

Dibayar Kopi dan Rokok, Pasangan Suami Istri Pertontonkan Hubungan Badan di Depan Anak-anak https://t.co/paGN1Kz5cn
Menhub: Semua Pesawat Jet Dalam Negeri akan Dipindahkan ke Bandara Kertajati https://t.co/yzvdmUKvc5
Pemkab Subang Usulkan Perubahan Status Kesbangpol https://t.co/auI6gm1Hdl
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page