6 Cara Jitu Agar Hemat Belanja Menjelang Lebaran

Puasa memasuki pekan kedua, biasanya sudah fokus pada belanja untuk lebaran. Bukan saja, soal sajian menu di hari raya Iedul Fitri atau ongkos mudi, tapi berbelanja pakaian. Tidak kontrol, uang didompet bisa kedodoran.

Setidanya ada enam cara untuk mengantisipasi budget kedodoran saat berbelanja untuk lebaran.

Membawa Uang Tunai Seperlunya
Biasanya, seseorang akan berdiam diri saat uang di tangannya sudah menipis bahkan habis. Jadi, kamu bisa membawa uang tunai secukupnya, agar tidak kalap saat berbelanja. Hal ini ampuh lho membuat banyak orang hemat menjelang lebaran!

Berburu Diskon
Membeli barang yang sedang diskon menjadi salah satu cara terbaik untuk hemat menjelang lebaran. Selain pakaian, ada berbagai produk lain seperti bahan makanan dan perlengkapan ibadah yang biasanya dibanderol dengan harga diskon. Jadi, kalau kamu teliti memilih barang, maka kamu akan mendapatkan barang berkualitas dengan harga terjangkau. Kamu cukup menyiapkan waktu senggangmu untuk berburu diskon!

Siapkan Biaya Mudik
Persiapan biaya mudik merupakan hal penting lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Kalau kamu terbiasa mudik dengan seluruh anggota keluarga, maka kamu wajib merencanakan persiapan biayanya sejak jauh-jauh hari, ya. Selain biaya tiket perjalanan, jangan lupa pula dengan kebutuhan tak terduga yang akan kamu butuhkan selama berada di kampung halaman nanti.

Pintar Memilih
Agar bisa hemat menjelang lebaran, kamu juga perlu memilih dan menanyakan kepada diri sendiri, tentang seberapa seringkah nantinya segala yang kamu beli akan kamu pakai? Dengan begini, kamu akan sadar, barang atau baju yang akan kamu beli itu memang kamu butuhkan, atau hanya efek dari lapar mata saat berbelanja saja?

Bijak
Dana THR (Tunjangan Hari Raya) tentu bisa menjadi penyelamatmu ketika menyiapkan kebutuhan Idul Fitri. Namun, bukan berarti kamu bebas menggunakan dana tersebut sesuka hati, ya. Alangkah baiknya kalau kamu memperkirakan alokasi dana THR-mu sejak jauh hari. Buatlah catatan yang rinci, agar nanti kamu tinggal membagi dana THR menurut catatan tersebut. Jadi, kamu akan terhindar dari risiko boros akibat kurang perhitungan.


dikutip dari: gulalives.co

foto ilustrasi (net)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
Banner Kanan 6
Banner Kanan 4
Banner Kanan 1
Banner Kanan 5

Twitter Update

DIRGAHAYU KE 73 REPUBLIK INDONESIA https://t.co/Fv1L6HaGED
Sekolah yang (tak) Dirindukan: Mewujudkan Pendidikan sebagai Hak https://t.co/hevHwzyvKW
Kemarau Panjang, Petani Pabuaran Pindah Haluan Tanam Kedelai https://t.co/C1TwL4eQxS
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page