Follow us:

Tips Ajari Anak Puasa Tanpa Paksaan

Bagi orang tua yang miliki anak terutama yang masih balita, tentu ingin mengajari anak untuk turut berpuasa. Tips mengajari anak khususnya balita untuk agar memiliki keinginan berpuasa tanpa adanya paksaan.

Dikatakan Psikolog Rumah Sakit JIH yaitu Hapsari Fakih, S.Psi., M.A, Psi, beberapa tips dalam anak dibawah tujuh tahun agar mengenal puasa dan menjalankannya tanpa ada paksaan.

Menurutnya hal tersebut bisa dilakukan dengan pengenalan oleh orangtua sejak dini, pada prinsipnya, terutama untuk balita atau dibawah umur 7 tahun bisa memulai dengan membangunkan sang anak untuk sahur.

"Misal anak umur 4 setengah tahun dibangunkan sahur dan ikut makan sahur namun setelah bangun tidur anak ingin makan tidak apa-apa. Ngomongnya sahur yang kedua nih dek. Sambil memberi pengetahuan mengenai puasa, jika anak tanya kok beda? Jawab saja, kan masih latihan, tapi habis ini nggak makan ya sampai dzuhur," katanya.

Sambung Hapsari, untuk tahap pertama yang terpenting ialah menarget sang anak untuk bisa berpuasa setengah hari terlebih dahulu. Nantinya dengan pengaruh dari melihat kedua orangtuanya sahur berbuka sang anak akan mengetahui dengan sendirinya. Selain faktor dari orangtua, faktor dari lingkungan sekolah juga turu mempengaruhi sang anak untuk mau melakukan ibadah puasa.

"Kalau minimal umur 7 tahun, bahkan jika untuk umur 6 tahun tapi sudah masuk SD biasanya sudah diajarkan pelajaran mengenai puasa. Apalagi yang TK nya islam pasti sudah diajarkan apa itu puasa, sehingga umur 7 sudah tahu dan tinggal mengkontrol nafsu menahan untuk makan saja," jelasnya.

Bagi para orangtua yang mempunyai anak balita dan masih dalam tahapan belajar berpuasa, untuk tidak menaruh makanan di meja makan atau ditempat yang sering digunakan anak bermain maupun menyimpan makan di kulkas.

"Karena bila anak pulang sekolah kan rata-rata buka kulkas dan bila sudah jam 11 kadang tanya sudah adzan belum? dan merengek-rengek minta makan atau minum. Hal itu bisa kita alihkan perhatiannya hingga jam setengah 12 dan baru kita beri minum," ujarnya. (tribunjogja.com)


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Ribuan Santri Subang akan Dzikir dan Do'a Bersama untuk Jokowi dan Keutuhan NKRI https://t.co/nrMsGQgc3A
Fraksi Absen di Paripurna, Sekjen PDIP Subang: Mereka Sakit https://t.co/2RyhtZEADX
Kecanduan ML, Pemuda Asal Subang ini Alami Masalah Serius pada Matanya https://t.co/JeeKSfKD02
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page