[Opini] Memetik Pelajaran dari Hijrah

Hijrah merupakan kata benda dan juga merupakan kata kerja (perpindahan dan berpindah) dapat di pakae kapanpun dan dimanapun, sebagai manusia kita dapat melakukannya, bahkan lebih dari itu hewan sekalipun kalau kita perhatikan dapat menggunakan prilaku hijrah, akan tetapi hijrah lebih banyak di pakai pada nilai-nilai agama yang menuntut orang untuk berbuat baik dan memperbaiki diri.

Menurut Qurais Syihab, ada tiga nilai penting yang yang harus di pahami oleh umat Muslim dalam memaknai hijrah yatu; pertama. ada kaitan antara hijrah dengan keamanan karena pada waktu itu terjadi teror atau ancaman pembunuhan terhadap Rasulullah dan para pengikutnya. Ini terjadi dari situasi sosial yang mendorong diharuskannya hijrah bagi seseorang, apabila seseorang mengalami gejolak sosial yang mencengangkan maka jalan terbaik bagi seseorang tersebut adalah melakukan hijrah.

Tahun Baru Islam dan Menjaga Tradisi Syiar di Era Milenial
Patimban, Pendidikan, dan Persiapan Kita
Agar Zonasi Tak Berbuah Frustasi

Kedua, nilai hijrah dapat diambil dari pelajaran Rasulullah yang tetap merencanakan dengan baik kapan dan kemana harus berhijrah, meskipun hijrah Hijrah Rasulullah merupakan perintah langsung dari Allah, namun Rasulullah tetap melakukan perencanaan sebelum melakukan hijrah ke Madinah. Menurutnya, sebelum hijrah ke Madinah, Rasulullah lebih dulu hijrah ke Habasyah (sekarang Ethiopia, red), meski negeri itu dipimpin seorang raja beragama Nasrani.

Pelaksanaan hijrah ke Habasyah bukan merupakan tujuan hijrah yang sebenarnya, tetapi Rasulullah lakukan, ini dikarenakan bahwa Raja Habasyah adalah raja yang adil dan baik sehingga Rasulullah di terima dengan baik oleh sang Raja.

Nilai ketiga, adalah dalam hijrah terdapat kebersamaan karena pada waktu itu terdapat anak, remaja, dan orang tua. Ia menegaskan, Tahun Baru Islam dimulai dari hijrah Nabi Muhammad SAW, bukan pada waktu Nabi meraih kemenangan.

Pelajaran Hijrah
Hijrah merupakan Bahasa Arab yang jadi serapan Bahasa Inonesia, Hijrah menurut Kamus Bahasa Indonesia Online adalah perpindahan atau berpindah, kata tersebut di sematkan pada kejadian Rasulullah pada waktu itu berangkat dari kota Makkah menuju Madinah dan itupula yang jadi sebab adanya Hijrah, selain itu dalam kontek lain kata Hijarah dapat pula diartikan pada memperbaiki diri, menjadi lebih baik dan padanan kata lain yang mempunyai nilai adanya peningkatan kulitas dari yang biasa menjadi yang luar biasa dan itulah hijrah.

Pada kenyataannya sejarah Islam berperan aktif dalam meletakan dasar dan prinsip hijrah, gambaran sedeerhana yang di lakukan Rasulullah SAW dan Sahabat untuk meninggalkan kota Makkah menuju Kota Madinah bukan tanpa sebab, Rasulullah tentu di perintah oleh Allah Swt, karena tidak ada tindakan sekalipun yang Rasulullah lakukan tanpa pantuan dan tidah dari Allah SWT. Pemaknaan ini tentu mempunytai nilai luhur yang sangat baik dan menembus kebaikan yang akan di lakukan oleh setiap manusia pada jenjang dan waktu apapun. Sehingga kalimat atau kata hijrah akan selalu mempunyai nilai kebaikan selama nilai tersebut menjadi daya juang bagi setiap orang.

Momentum hijrah yang tergambar jelas dalam sejarah atas apa yang di lakukan Rasulullah SAW mempunyai nilai yang dapat kita pelajar dari beberapa nilai tersebut adalah:
    Hijrah merupakan bagian sunnatullah yang dapat dilakukan oleh siapapun makhluk yang ada di Dunia ini termasuk manusia.
    Hijrah merupakan cara Allah SWT untuk membuat manusia mempunyai pengalaman yang baik dari apa yang sedang di kerjakannya.
    Hijarah merupakan bentuk penghambaan kita pada Allah yang tulus, iklas, yakin dan menerima atas apa yang telah di taqdirkan pada kita.

Ketiga pelajaran tersebut, tentu memberikan gambaran bahwa hijrah adalah sesutu yang bisa timbul dimana manusia ingin mendapatkan atau melakukan yang terbaik bagi dirinya dan bagi bangsa dan agama seklipun yang di anutnya. Dan makna hijrah mendorong pada manusia untuk selalu berfikir positif, optimis dan menerima atas perklakuan Allah kepadanya. Wallahu’alam.

E. Mulya Syamsul, Dosen FAI Universitas Majalengka

Ikuti Lintasan Beritanya via
FB: REDAKSI TINTAHIJAU
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
































Twitter Update

300 Jendral Siap Menangkan Prabowo-Sandi https://t.co/Cm6lHBwcnp
Pasangan Calon Presiden sudah ada, nomor urut juga sudah. Siapapun jagoannya #2019TetapNgopi Dapatkan Kaos… https://t.co/vmLylspsz5
Kangen lagu romantisnya ARMADA BAND, mau dinyanyikan di depan tercinta? Datang dan nikmati di Cafepedia Jl. Otist… https://t.co/WQB4dEh2Os
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page