Kontelasi Politik Ikhtiar Membangun Subang Lebih Baik

Setelah melalui berbagai perdebatan di DPR, Komisi pemilihan umum (KPU) pada hari rabu (14/6/2017) telah menerbitkan jadwal resmi tahapan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 yang mana akan diikuti oleh calon kepala daerah di berbagai daerah termasuk Kabupaten Subang Jawa Barat.

TINJAU OPINI LAINNYA:
Melirik Kemopreventif sebagai Senjata Alternatif Kanker
Israel dan Resistensi Palestina
Obsesi Menjadi Kaya itu Juga Berbahaya


Menurut Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, proses Pilgub Jabar maupun Pilkada serentak di 16 Kota/Kabupaten masih belum ada tanggal pasti. Namun merujuk pada Undang-Undang, tahapan sudah harus dimulai pada pertengahan 2017. Namun ancangĀ  ancang untuk pemilihan kepala daerah akan di mulai pada bulan agustus ini.

Kontestasi Politik tahun depan akan segera dimulai, namun Jika kita Menela-ah pada Subang beberapa tahun kebelakang akan tergambar potret miris sebuah daerah yang kaya namun merana. hanya Piala Adipura Buana yang pada hari kamis 3 Agustus kemarin yang menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat subang, selebihnya Dua kali disclaimer pada tahun 2014 dan 2015 menjadi pukulan telak yang dikirimkan oleh laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) yang didapat Pemerintah kabupaten Subang dari BPK RI, alhasil Bupati Subang Ojang Sohandi, bersama beberapa pejabat pemkab serta Kejak sa-an Tinggi Jawa Barat, menjadi tersangka yang ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah terus menuai sorotan publik. Terlebih, penilaian disclaimer 2014 ternyata membuktikan adanya dugaan korupsi keuangan daerah pada anggaran BPJS senilai Rp40 miliar.

Berbagai potret miris diataslah yang harus dijadikan suatu Refleksi bagi Masyarakat Subang, terlebih penangkapan mantan Bupati Subang menjadi suatu cerminan bahwa adanya Patalogi dalam Birokrasi Subang itu sendiri. Maka oleh itu, Momentum Pilkada Serentak 2018 harus menjadi titik tolak kebangkitan Kabupaten Subang yang mana ditopang dan di bantu dalam setiap sendi masyarakatnya.

Dalam hal pengusungan, partai politik sebagai suatu pilar penting dalam ber-Demokrasi di Indonesia pada umumnya dan Subang pada Khususnya harus senantiasa menjadi sarana fit and proper test yang mutakhir dengan mengedepankan berbagai keunggulan dari para kader unggulannya, jangan hanya mengusung kader dengan prosentase elektabilitas yang tinggi namun dengan kemampuan dan wawasan yang kurang apalagi jika merujuk pada pasal 34 ayat (3) UU nomer 2 tahun 2008 juncto uu nomer 2 tahun 2011 tentang partai politik dimana parpol itu mendapatkan bantuan keuangan dari APBN/APBD yang diberikan kepada kader suatu parpol yang duduk di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota sehingga sudah sepatutnya, pengusungan kader terbaik para parpol yang ikut dalam pilkada 2018 kabupaten Subang tersebut harus menjadi urgensi para elite parpol, di sector infrastruktur Negara dalam konteks LSM, Mahasiswa dan para wartawan berita, harus saling bahu membahu untuk menjaga sportifitas para calon dan indikasi adanya campur tangan para suprastruktur Negara (Birokrat) demi terwujudnya masyarakat adil sejahtera yang digambarkan dalam pembukaan UUD 1945.

Sedangkan pada sector masyarakat awam, KPU daerah Kabupaten subang harus menjadi fasilitator yang lugas dengan menjewantahkan berbagai latar belakang dari para calon kepala daerah yang bertarung di pilkada serentak 2018 agar masyarakat telah mengetahui para calon kepala daerah sebelum melakukan pencoblosan di berbagai TPS yang disediakan.



Hendra, Warga Subang yang sedang kuliah di Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta


____________
Dapatkan lintasan berita Subang via:

Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Iklan & Promo: 089624350851


Facebook Page

Twitter Update

Warga Subang Jadi Korban Penipuan Komplotan yang Mengaku dari Mabes Polri https://t.co/hpL8KsGFr9
Hari ini KPK Jadwalkan Periksa Setya Novanto https://t.co/jfQ8KamYTn
Sebut Majalengka Darurat Teroris, Kiyai Maman Dinilai Lebay https://t.co/KA47QlYIlh
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter