Follow us:

Hari Air Sedunia, Menghemat Dimulai dari Kamar Mandi

Apakah anda hobi mencuci? Atau hobi mandi? Dan tentunya menghabiskan air. Nah kebetulan Saya disini bukan mengajak anda untuk mengikuti lomba mencuci, lomba mandi ataupun lomba untuk menghabiskan air akan tetapi saya mengajak anda untuk menghemat air yang bisa anda lakukan minimalnya dimulai dari kamar mandi

Telah kita ketahui bahwa air merupakan zat paling penting bagi kehidupan, kita sudah tahu bahwa dalam kehidupan ini tiada hal yang kekal, termasuk air. Air juga memiliki batas persediaan. Apabila air yang berada ditanah telah habis karena tiada lagi hujan, lapisan gunung es yang semakin meleleh karena teriknya matahari, dan air yang berada disungai-sungai atau lautan mengering. Semua itu memerlukan penjagaan yang baik terhadap lingkungan. Misalnya dengan menghemat air, menjaga lingkungan agar selalu terlihat bersih.

Semua mahluk hidup, baik manusia, hewan, dan tumbuhan, membutuhkan air. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Air membantu tubuh untuk bekerja dengan membawa nutrisi dari lambung ke seluruh bagian tubuh. Air juga membantu mendinginkan tubuh melalui keringat. Air berbentuk ludah membantu hewan dan manusia mencerna makanan. Air juga membantu tubuh untuk mengeluarkan zat berbahaya lewat kencing.

Namun sayangnya, diperkirakan pada tahun 2025, air akan sulit dicari dan banyak manusia yang akan kesulitan mendapatkan air dan salahsatu faktor yang menyebabkan akan terjadinya krisis air adalah penggunaan air dalam kegiatan rumah tangga sehari-hari. penyebab terbesar adalah untuk mencuci pakaian dan mandi. Seperti dilansir oleh Pauline Liongosari,brandmanager Molto PT Unilever Indonesia, Tbk. “Salah satunya kegiatan mencuci baju yang menghabiskan hingga 30% konsumsi air dalam rumah tangga secara keseluruhan. Dari jumlah tersebut, 30% digunakan untuk mencuci sedangkan 70% digunakan untuk pembilasan. harus ada perubahan perilaku menghemat air sesegeranya demi menyelamatkan kehidupan generasi mendatang,”

Oleh karena itu, air sangatlah penting bagi kehidupan manusia dan merupakan salah satu sumber penting bagi kehidupan. Maka, penting bagi kita sebagai manusia untuk menghemat fungsi air, agar tidak mudah habis untuk kemudian harinya.

Kita bisa melakukan penghematan air dengan cara memakai sedikit deterjen untuk mencuci dan untuk mandi kita bisa menggunakan air secukupnya seperti menggunakan air satu kali  siraman pertama untuk membasahi tubuh, lalu bersihkan badan menggunakan sabun dan sampo dan juga air untuk menggosok gigi secukupnya dan yang terakhir siraman terakhir utnuk membersihkan badan dari sabun ataupun sampo. Mungkin hanya itu yang bisa Saya bagikan tentang penghematan air

Air merupakan sumber kehidupan apalagi air bersih, Tak hanya bagi manusia, air bersih juga amat dibutuhkan oleh makhluk lain seperti tumbuhan dan hewan untuk melangsungkan hidupnya.

Jadi bagaimana? Apakah anda mau memperbaiki hobi tersebut?

___
Denni Kurnia, Penulis Mahasiswa Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung



_____
Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau


Twitter Update

Blak-blakan Koordinator Camat di Subang soal Mobil Dinas Baru https://t.co/aSA3gqRY3z
Seorang Nelayan Tewas di Perairan Blanakan, Subang https://t.co/aIIx91PQ4A
Hantam Truk di Tol Cipali Subang, BMW Hancur dan Seluruh Penumpang Tewas https://t.co/14wemXQiQt
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter
Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Facebook Page