Subang Jadi Saksi Perhelatan Asian Games 2018

Kabupaten Subang satu dari dari 10 Kabupaten/Kota di Jabar menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Perhelatan akbar di Subang ini untuk Cabang Olahraga Balap Sepeda. Di antaranya mempertandingkan nomor Kriterium, ITT dan MTB.

Khusus nomor MTB rencananya akan diikuti 33 negara yang akan dilaksanakan mulai 18 Agustus 2018 dipusatkan di Desa Wisata Bunihayu, Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang.

"Subang jadi tuan rumah balap sepeda jalan raya dan MTB sudah fix. Pelaksanaannya akan berlangsung sekitar dua minggu. MTB lokasinya di Desa wisata Bunihayu sedangkan balap jalan raya di Subang Kota ke arah pantura melalui jalur Sadang dan kembali lagi ke Subang Kota," ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Subang, Ahmad Sobari

Menurut dia, pelaksanaan even tersebut sepenuhnya menjadi kewenangan panitia Asian Games. Artinya ajang tersebut tidak melibatkan panitia daerah.

Sedangkan peran Disparpora hanya akan membantu menyiapkan 'clear and clean' jalur yang akan dilalui peserta, maupun lokasi sebelum lomba dimulai.

"Ada dua lomba yang dipertandingkan yaitu MTB dan jalan raya. Panitia minta semuanya steril, termasuk bila di lokasi ada pedagang harus dibersihkan dulu. Arus lalin di jalan yang menjadi lintasan juga harus benar-benar kosong. Itu artinya kepolisian akan bekerja ekstra keras selama Asian Games berlangsung," ujarnya.

Ketua ISSI Kabupaten Subang Yayat Rizky mengatakan persiapan menghadapi Asian Games 2018 sejauh ini adalah delegasi tim survei dari Hongkong sudah datang ke Subang. Mereka meninjau kesiapan sekaligus menilai lokasi dan rute yang akan digunakan.

Rute untuk kelas kriterium dan ITT dimulai dari Subang Kota ke arah Sadang, masuk Jatisari lalu ke Ciasem, dan putar balik ke arah Subang Kota lagi.

"Hasil kerja tim itu sudah dilaporkan ke pantia Asia. Sekarang kami masih menunggu keputusan, sekaligus tindaklanjutnya. Kalau buat MTB lokasinya sudah disurvei juga dan kendala sarana prasarana seperti jalan masuk ke lokasi sedang dikerjakan dengan didanai oleh pusat," ujarnya

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) menjelaskan rencananya cabor sepakbola akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot kota Bekasi, dan Stadion Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi.

"Sedangkan untuk cabor balap sepeda akan mengambil tempat di Jalan Raya Purwakarta-Subang untuk road race (jalan raya), MTB di Subang, dan kano di Bendung Rentang Majalengka," ungkap Aher

Venue lain yang akan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan lainnya diantaranya Arthayasa Stable, ITB Jatinangor, UPI GOR Gymnasium, arena Paralayang, Gunung Mas, dan Khe Bun Hill Subang. Gubernur Aher juga akan terus mendorong semua atlet khususnya kepada para atlet yang akan bertanding di Jawa Barat supaya berhasil meraih medali emas pada Asian Games tahun 2018 ini.

Disamping kesuksesan prestasi kata Aher, digelarnya Asian Games 2018 di Jabar, juga diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian. Seperti pada PON lalu, Jawa Barat berhasil menaikan angka pertumbuhan ekonomi.

"Kita juga harus sukses dalam bidang perekonomian, karena PON kemarin kita berhasil menaikan pertumbuhan ekonomi, mudah-mudahan dengan Asian Games pertumbuhan ekonomi secara nasional pun naik," ungkap Aher.

Aher juga mengimbau seluruh instansi, dinas terkait, khususnya panitia lokal dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jawa Barat, supaya meninjau kembali kesiapan venue untuk sejumlah cabang olahraga (cabor) yang akan digelar di Jawa Barat. Salah satu yang tak boleh luput, yakni kelayakan toilet di setiap venue pertandingan.  Aher tak ingin, megah, dan rapihnya bangunan venue, menjadi turun kelasnya hanya karena toilet yang tak bisa melayani dengan layak.

"Sesuai arahan Pak Presiden, tolong untuk toilet, karena ini menggambarkan budaya dan peradaban bangsa. Airnya dijaga supaya bersih, budaya airnya diperlihatkan sehingga mmpu ditampilkan dalam toilet yang bagus," pungkasnya.


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 1

Twitter Update

Data Masuk 4.64%: Jokowi Ungguli Perolehan Suara Prabowo https://t.co/1d3nlVo0K9
Cinta Budaya Bangsa, Adistyana Pitaloka Kenalkan Tari Tradisi hingga Mancanegara https://t.co/nGP5eyGCeg
Derita Pengawas TPS Bandung, Dari Pecah Pembuluh Darah Sampai Meninggal Dunia https://t.co/CLbkcMlWZl
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page