70 Tahun Usia Subang dan Mimpi Jalan Tak Lagi Berlubang

Kabupaten Subang gebap usianya ke-70 tahun. Usia yang tak lagi muda, diharapkan pembangunan di Kabupoaten Subang sejalan dengan usianya.

Namun faktanya, di usianya cukup tua untuk usia orang, masih banyak didapati sejumlah permasalahan, terlebih masalah infrastruktur jalan yang kerap menjadi keluhan warga, baik di kota maupun di pelosok desa.

Keluhan warga masalah jalan, dari tahun ke tahun terus disuarakan. Baik melalui forum formal seperti Musrenbang maupun forum informal dengan melakukan cara masing-masing, seperti memposting gambar jalan rusak, maupun aksi tanam pohon di titik jalan rusak sebagai bentuk protes.

warga tidak hanya bisa protes. Seperti yang dilakukan warga Wanareja, Subang KOta, mereka secara bergotong royong melakukan perbaikan dengan alat seadanya jalanan yangsudah mirip kubangan kerbau. Sementara warga di Jl. Pejuang 45, sempat melakukan aksi tanam pohon di titik jalan berlubang yang sudah memakan korban.

Untuk masalah di Jl. Pejuang 45, Pemer5intah berikap aktif. Pagi ditanami pohon, siang sudah mulai diratakan. Sayangnya, pada sore hari, Subang Kota diguyur hujan. Jalanan berlubang yang ditutup pasir dan batu, kembali rusak disapu air.

Berbeda dengan kerusakan jalan di pelosok desa. Warga hanya bisa memposting photo jalan rusak di socmed dan harus merelakan terjatuh dari kendaraan akibat jalan rusak. Upaya penambalan jalan berlubang keap dilakukan warga. Namun banyaknya kerusakan jalan, upaya warga pun seperti sia-sia.

Pemerintah, dalam lembar APBD 2018 ini menganggarkan dana untuk infrastruktur sebesar Rp300 miliar. Wakil Bupati Subang Ating Rusnatim yang belum lama dilantik, seperti terdahulunya, akan mempriroitaskan perbaikan jalan. Namun Ating tidak membeberkan stratei jitu untuk melaksanakan komitmennya tersebut.
 
Maklum saja, dari tahun ke tahun, anggaran infrastruktur itu selalu berada di posisi tertinggi. Meskipun, dari tahunke tahun pula jalanan tetap rusak dan warga kembali mengemis perbaikan jalan.

Di usianya ke-70 tahun Kabupaten Subang, mungkinkah Ating berhasil menjadi dewa bagi perindu jalan mulus, atau publik dipaksa untuk kembali tidur dan bermimpi memiliki jalan mulus?

Wallahu a'lam bishshawab

 

MangSiHejo


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
Banner Kanan 6
Banner Kanan 4
Banner Kanan 1
Banner Kanan 5

Twitter Update

Ada Asian Games, Ini Jadwal Penutupan Jalan di Kabupaten Subang https://t.co/sCdmSuVglR
Puluhan Orang Masuk Rumah Sakit Setelah Konsumsi Miras https://t.co/OCfj8vg1C9
Dua Atlit Subang Berlaga di Asian Games 2018 https://t.co/soURafuymu
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page