Warga Binaan Lapas Subang Dilatih Enterpreneur


"Dengan adanya kegiatan ini, penghuni lapas bisa meningkatkan kreatifitas dan setelah nanti keluar dari sini mereka bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri," kata Kasi kegiatan kerja Lapas Subang, Arjiunna kepada TINTAHIJAU.com, Jumat (31/5/2013).

Arijunna memamaparkan, kegiatan semacam itu dilakukan selama 4 jam setiap harinya atau dari pukul 08:00 - 11:00. "Kita tidak memaksakan penghuni lapas untuk bekerja, dari semua penghuni lapas tidak semuanya ikut," tuturnya.

Kegiatan itu direspon oleh warga binaan. Sebut saja Untung, ia merasa senang hari-hari di dalam Lapas diisi dengan kegiatan di bidang ekonomi. Menurutnya, kegiatan seperti itu menghilangkan kejenuhan. Lebih jauh, Untung menyatakan, kegiatan itu sebagai bekal saat dia bebas nanti.

"Setelah keluar dari sini diharapkan saya dan semua penghuni lapas bisa menciptakan lapangan pekejaan sendiri dan bisa bermanfaat bagi masyarakat," terang untung yang dihukum 7 tahun kasus narkoba.

Kepala Lapas Subang, Budi Sarwono sangat memberikan apresiasi kepada warga binaan yang ikut mensukseskan program untuk meningkatkan perekonomian lapas untuk warga binaan.

"Kegiatan ini bisa meningkatkan kreatifitas penghuni lapas. Saya harap setelah mereka keluar nanti bisa menjadi manusia bermanfaat bagi orang banyak," tuturnya.

Hasil panen dari kegiatan mereka, di jual ke warga sekitar. Sementara untuk jenis rotan, di tawarkan ke perusahaan yang ada di Kabupaten Subang. Saat ini jumlah warga binaan yang ada di Lapas Klas II A Subang sebanyak 900-an orang dari berbagai kasus. [Warlan putra | @warlanPutra]

 


Banner Kanan 4
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Reses ke Subang, Anggota DPRD Jabar dari PKS Sosialisasikan Jabar Juara https://t.co/mhqcor1nMB
Balap Sepeda Tambah Raihan Emas di SEA Games 2019 https://t.co/0vrnqcLdVg
Dharma Wanita Majalengka Sunat Puluhan Anak https://t.co/AI3GVXy3gL
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page