FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Mengupas Film Penari Larangan, Film Mitos Tentang Takhayul di Jatiwangi

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Jatiwangi Art Factory dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka sukses merilis Short Movies (Film Pendek) di platform film online Viu .

Pemutaran film tersebut tayang perdana melalui kanal Youtube pada hari Jum'at (24/07/2020).

Film Penari Larangan mengangkat tema tentang suatu mitos yang beredar di Kecamatan Jatiwangi, tepatnya di Desa Sukaraja. Menurut pemeo masyarakat sekitar konon dahulu ada sepasang suami istri yang rentan rumah tangganya karena kesibukan istrinya sebagai sinden dan sang istri tidak menggubris larangan suaminya.

Sehingga pada saat pementasan malapetaka menghampiri istrinya dan malapetaka tersebut masih di percayai hingga sekarang, jika ada perempuan yang menari di panggung maka seketika akan hujan deras dan angin kencang seakan merupakan larangan bagi perempuan desa untuk menari.

Film yang di bintangi oleh 2 Mahasiswa Universitas Majalengka Firman Abdul Zaelani sebagai seorang kakak dari Nengsih yang di perankan oleh Ilona Tiara Liontin sukses menguak fakta bahwa menari akan mendatangkan musibah itu hanyalah takhayul.

Sekilas dalam cuplikan film Penari Larangan itu, Abdul saat sedang bekerja di jebor mendapatkan musibah tangannya tergiling oleh mesin mollen beruntung pegawai lekas menyelamatkannya dan tangannya tidak tergiling semua, di lain tempat selepas Nengsih menari di sebuah panggung yang berada di tengah pelosok sawah ia sepintas merasa ada kejanggalan selepas ia pulang ke rumah kakaknya abdul terbaring lesu.

Serta merta Ibu Nengsih memarahi anaknya karena tak mau mengindahkan perkataannya, "tah kan teu ngadenge maneh mah lanceuk maneh tah kieu mani hese diatur teh" ujar ibu nengsih dengan muka masam.

Namun ternyata Abdul berbeda pandangan ia memberikan motivasi kepada adiknya untuk tetap melakukan apa yang ia sukai, "tong percaya takhayul eta mah" ujar Abdul.

Setelah memberikan semangat Abdul kemudian memberikan selendang hijau untuk adiknya Nengsih agar tetap melanjutkan apa yang ia sukai.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Alhamdulillah, 9 Pasien Covid-19 di RSUD Cideres Berangsur Membaik https://t.co/4EARTLNs6A
Dari Majalengka, AKP Wafdan Muttaqin Jabat Kasat Reskrim Subang https://t.co/XP8rSGKdiq
Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Subang, Pada Senin 10 Agustus 2020 Bertambah Dua Orang https://t.co/T2YsqFTzTn
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter