Peringati Hari Puisi, Budayawan Majalengka Gelar Macasukma

Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka (Dekkma) menggelar Macasukma di Taman Ekspresi Majalengka (Eks Pujasera).

Acara ini digelar untuk memperingati hari puisi Indonesia yang diperingati setiap 17 Desember dengan apresiasi dan respon positif para bidayawan termasuk dari budayawan asal Bandung.

Yayat Hendayana Budayawan senior Bandung, mengatakan saat ini manusia secara global hidup pada zaman perpaduan antara teknologi informasi untuk mencapai generasi 4.0. Maka dengan hadirnya acara yang bernuansa seni dapat menyelaraskan dan melengkapi apa yang dianggap kurang dalam era teknologi canggih ini.

"Saya salut untuk Majalengka, setahun terakhir ini, Dekkma dan Parbud serta seniman dan budayawan Majalengka kompak meramaikan kota angin dengan beragam acara dan even," katanya, Senin (17/12/2018).‎

Sementara itu, Ketua Dekkma, Asikin Hidayat mengatakan acara macasukma ini sengaja digelar untuk memperingati hari puisi Indonesia sekaligus dalam agenda rutin rapat bulanan Dekkma yang selalu digelar setiap ‎tanggal 17 Desember. Agenda ini juga sengaja digelar untuk menjawab tantangan zaman yakni menggiatkan sastra dan teater.

"Karena untuk di Parbud nyaris tidak ada agenda untuk kegiatan kegiatan sastra. Oleh karenanya, kami bersama Dekkma menggelar Macasukma. Macasukma ini berarti‎ membaca jiwa yang disimbolkan dengan alat komunikasi kentongan berduri yang menyiratkan bahwa zaman terutama di Indonesia rentan sekali dengan informasi informasi tidak jelas seperti hoaks. Even sastra dan teater ini untuk menangkalnya," ungkapnya.

Hadir pula dalam acara tersebut salah seorang profesor pertanian, yang menyukai seni dan budaya Majalengka, Ika Djatnika. Serta para seniman dan budayawan Majalengka ikut meramaikan dengan cara membaca puisi secara bergilir. (Echa)


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIAJUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3

Twitter Update

VIDEO: Satpol PP Subang Tangkap Copet di Gebyar HUT ANTV https://t.co/4iG3P6dmWk
Tim Ma'ruf Amin: Ulama yang Bilang 'Haram Pilih Jokowi' Itu Munafik! https://t.co/gySSE0syJt
Ada Bendera Golkar di Kampanye Akbar Prabowo di Makassar https://t.co/ioiSKpt2W8
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page