FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Motif Benda Purbakala Ini Didorong jadi Batik Khas Subang

TINJAU SUBANG- Ada hal yang unik saat masuk ke Museum Sejarah di gedung Wisma Karya, Subang, kita akan menemukan sebuah benda sejarah, Bejana Perunggu, era prasejarah.

Pengamat Budaya Subang M. Khadar Hendarsyah mengatakan bejana perunggu itu merupakan peninggalan jaman perundagian, suatu kelompok masyarakat telah mempunyai keahlian satu jenis pekerjaan. Pada jaman itu selain visa membuat peralatan dari logam, mereka juga membuat perhiasan pada benda yg dibuatnya.

"Fungsi bejana perunggu saat itu adalah alat menyembah arwah nenek moyang juga berfungsi lambang kekayaan satu keluarga," kata Kadar pada diskusi Motif Purba Batik Subang, Jumat (12/12/2014), di Wisma Karya Subang.

Bejana perunggu itu ditemukan pada Oktober 2007 di Kampung Desa Cintamekar, Kecamatan Serangpanjang, Subang oleh seorang warga, Maman. Keunikan dari bejana perunggu dengan tinggi 90 cm x 60 cm itu, pada bagian badannya terdapat motif yang indah.

Dalam bejana perunggu itu terdapat motif tumpal 1 dan ganda, hewan kijang dan angsa, dan . Kadar mengatakan motif yang ada dalam bejana itu bisa menjadi inspirasi untuk dijadikan dalam motif otentik batik purba Subang.

"Ini menjadi inspirasi untuk dijadikan dalam motif otentik batik purba Subang, tidak hanya nanas atau lainnya. Di satu sisi ini sebagai bagian melestarikan dan memahami benda sejarah era prasejarah," jelas Mahasiswa S2 Ilmu Budaya Unpad Bandung tersebut.

Kabid Budaya Dinas Budaya Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora)  Subang mengaku dirinya baru mengetahui isi museum
yang ada di Subang. Yatim yang baru menduduki tiga bulan di kursi Kabid Budaya itu mengatakan, diskusi soal budaya ini merupakan gairah dirinya untuk memahami soal budaya Subang.

"Saya berharap ini menjadi sebuah pemikiran bersama-sama, dilakukan secara refrehensip, jika ada payung hukum kita sertakan perda atau undang-undang," kata Kabid Budaya Disbudparpora Subang, Yatin.

"Saya tidak mengatakan bisa atau tidak, tapi mari kita berikhtair untuk sama-sama kita upayakan. Saya akan menyampaikan pemikiran dan usulan ke Bupati," pungkasnya. [annas nashrukllah]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Berita lain terkait klik di sini


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Aneh Bin Ajaib, Pohon Pisang Tumbuh di Dahan Pohon di Area Pemakaman https://t.co/WmOzWUkNAy
Inilah Alasannya Kenapa Pria Menyukai Payudara Wanita https://t.co/V597E2kgNZ
Temuan Fosil Ungkap Fakta Bahwa Dinosaurus Berjalan Mirip Ayam https://t.co/6aWFgZ4Xj7
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter